Kilang Minyak Balikpapan Terbakar, Pertamina Jelaskan Soal Tumpahan Minyak di Sungai Margasari

Coltliq Ekajaya – 1tulah |

1TULAH.COM-Terbakarnya Kilang Minyak milik Pertaminan di Balikpapan tidak ada hubungannya dengan temuan tumpahan minyak di sekitaran sungai di Margasari beberapa hari sebelumnya.

PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) unit Balikpapan memastikan peristiwa kebakaran yang terjadi di Crude Distillation Unit (CDU) IV tidak ada berkaitan dengan tumpahan minyak yang terjadi di perumahan atas air, Margasari kemarin.

Hal itu disampaikan General ManagerKilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan, Arafat Bayu Nugroho belum lama ini,

“Untuk genangan minyak yang kemarin,tidak ada hubungannya dengan kejadian kebakaran. Tapi syukurAlhamdulillah genangan minyak ini juga bisa kami selesaikan dengan baik,” katanya, dikutip, Minggu (26/05/2024).

Bayu mengemukakan, pihaknya mendapatkan bantuan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan dalam menangani tumpahan minyak tersebut.

“Serta dari kelompok siaga bencana Kelurahan Margasari, Balikpapan Barat yang turut bahu membahu menangani tumpahan minyak,” tuturnya.

Bayu menjelaskan tumpahan minyak yang terjadi di kawasan tersebut bukan disebabkan adanya kebocoran tangki milik PT KPI.

“Hal itu semacam ada minyak, yang terilis ke lingkungan, karena ada aktivitas start up yang ada di dalam kilang. Ada program ospek yang kita keluarkan, dan itu melebihi kapasitas pengolahan kami,” ujarnya.

Bayu memastikan dari dua kejadian itu baik tumpahan minyak maupun kebakaran didistilasi minyak mentah tidak mengganggu operasional kilang.

Selain itu juga kebutuhan Bahan Bakar Minyak (BBM) insya Allah masih bisa kami penuhi, karena kami memiliki sinergi antar kilang, sehingga mendapatkan cadangan dari kilang lainnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan,CDU IV yang terbakar memiliki produksi sebanyak 170 barel perhari, dan saat ini sedang tahapan normalisasi. “Untuk kapasitas normalnya itu sekitar kurang lebih 300 ribu barel. Sementara untuk kerugian pasca kejadian tersebut masih dalam inventarisir,” kata Bayu. (Sumber:Suara.com)

Sumber : Kilang Minyak Balikpapan Terbakar, Pertamina Jelaskan Soal Tumpahan Minyak di Sungai Margasari

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started