Hotman Paris Curiga Polisi Salah Tangkap DPO Kasus Vina Cirebon, Colek Kapolda Jabar Tampilkan Wajah Asli Pegi

Coltliq Ekajaya – 1tulah |

1TULAH.COM – Ramainya narasi terkait polisi salah menangkap DPO kasus pembunuhan dan pemerkosaan terhadap Vina, gadis asal Cirebon, Jawa Barat pada 2016 lalu saat ini viral di media sosial. Hotman Paris selaku pengacara yang membantu keluarga Vina melalui program Hotman 911 pun kini ikut menyoroti isu itu.

Melalui sebuah unggahan di Instagram pada Kamis (23/5/2024), Hotman Paris coba menyampaikan keresahan publik atas penangkapan DPO kasus Vina ke Kapolda dan Dirkrimum Polda Jawa Barat.

“Halo bapak Kapolda Jawa Barat, halo bapak Dirkrimum Polda Jawa Barat. Banyak netizen senang setelah salah satu dari DPO kasus pembunuhan Vina telah tertangkap, yaitu Pegi atau Perong. Namun belakangan ini, ada ribuan netizen yang komentar atau menanyakan apakah itu asli Pegi atau Perong? Banyak yang mempertanyakan bahwa seolah-olah bukan itu pelakunya,” ujar Hotman Paris.

Sebagai perwakilan dari keluarga Vina, Hotman Paris kemudian turut mendesak Polda Jawa Barat untuk segera menampilkan wajah DPO yang tertangkap.

“Ada baiknya kalau Kapolda Jawa Barat memerintahkan agar dilakukan konferensi pers secara terbuka dengan menampilkan secara fisik dari DPO yang tertangkap,” kata Hotman Paris.

Saat ini, foto lama yang diduga memuat potret Pegi Setiawan di masa lalu telah banyak beredar di media sosial. Jika polisi segera merilis wajah DPO yang diklaim sebagai Pegi, Hotman Paris meyakini langkah itu bisa menjawab rasa penasaran publik.

“Agar masyarakat nanti bisa menilai sendiri keaslian dari Pegi atau Perong,” tutur Hotman Paris.

Aksi Hotman Paris Hutapea mendorong pengungkapan wajah DPO kasus Vina yang tertangkap pun mendapat dukungan publik.

“Nah, bener nih bang. Semoga hukum di Indonesia ini benar-benar bisa baik,” tulis pemilik akun @sitimaryatii1995 di kolom komentar unggahan Hotman Paris.

“Kupas sampai tuntas bang,” timpal pemilik akun @sucie_fatayati.

Seperti yang diketahui, kabar penangkapan Pegi Setiawan di Bandung, Jawa Barat pada Selasa (21/5/2024) dibarengi dengan kemunculan foto yang diyakini sebagai potret saat ini pelaku di media sosial. Usai foto tersebut muncul, banyak yang meyakini polisi salah tangkap sebab banyak perbedaan ciri fisik dengan potret lama Pegi Setiawan yang lebih dulu beredar.

Dorongan untuk mengusut kasus kematian Vina sendiri mulai digaungkan usai penayangan film Vina: Sebelum 7 Hari mendapat sorotan. Publik mendesak kepolisian untuk mengejar tiga buronan pelaku pembunuhan dan pemerkosaan terhadap Vina 8 tahun lalu.

Tingginya atensi masyarakat akhirnya membuat Polda Jawa Barat membuka kembali penyidikan terhadap kasus kematian Vina. Penyidik menerbitkan DPO terhadap tiga buronan yaitu Pegi atau Perong, Andi dan Dani pada Selasa (14/5/2024).

Tetapi, Polda Jawa Barat tidak menampilkan foto ketiga buronan yang dimaksud. Mereka hanya menyampaikan ciri fisik masing-masing dalam sebuah penjelasan singkat.

Sumber : Hotman Paris Curiga Polisi Salah Tangkap DPO Kasus Vina Cirebon, Colek Kapolda Jabar Tampilkan Wajah Asli Pegi

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started