Hancurkan Bayer Leverkusen 3-0, Alatanta Juara Liga Europa

Coltliq Ekajaya – 1tulah |

1TULAH.COM – Atalanta sukses menasbihkan diri sebagai juara baru Liga Europa 2023-2024 usai menumbangkan Bayer Leverkusen dengan skor meyakinkan yakni 3-0 di Stadion Aviva, Dublin, Kamis (23/5) dini hari WIB.

Kegemilangan Ademola Lookman menjadi kunci kemenangan La Dea. Penyerang asal Inggris itu mencetak hattrick, sekaligus mengantarkan Atalanta meraih trofi mayor kedua mereka usai Coppa Italia pada musim 1961/1963.

Di sisi lain, Leverkusen harus merelakan ambisi mereka untuk meraih gelar Eropa perdana. Catatan tak terkalahkan mereka selama 51 pertandingan pun harus terhenti di tangan Atalanta.

Sejak menit awal pertandingan berlangsung sengit. Atalanta langsung tampil menekan Leverkusen, walaupun tim asuhan Xabi Alonso ini mendominasi penguasaan bola.

Upaya Atalanta membuahkan hasil di menit ke-12. Berawal dari serangan balik cepat, Teun Koopmeiners melepaskan umpan silang yang diselesaikan dengan tendangan melengkung oleh Ademola Lookman untuk membawa Atalanta unggul 1-0.

Pada menit ke-26, keunggulan Atalanta semakin kokoh. Kesalahan Granit Xhaka dalam melepaskan umpan dimanfaatkan Lookman untuk melesakkan gol keduanya. Tendangan melengkungnya dari luar kotak penalti tak dapat dihalau kiper Leverkusen, Lukas Hradecky.

Leverkusen sempat mendapatkan peluang emas di menit ke-35 melalui Alejandro Grimaldo. Namun, tendangannya berhasil ditepis kiper Atalanta, Juan Musso.

Leverkusen mencoba bangkit di babak kedua dengan melancarkan serangan gencar. Tetapi, Atalanta tampil disiplin dan efektif dalam bertahan.

Di menit ke-75, Atalanta mengunci kemenangan melalui gol ketiga Lookman. Kali ini, Gianluca Scamacca memberikan umpan silang yang diselesaikan Lookman dengan sepakan mendatar ke pojok gawang Leverkusen.

Hingga pertandingan berakhir, skor 3-0 untuk Atalanta tak berubah. La Dea pun berhak mengangkat trofi Liga Europa untuk pertama kalinya.

Hasil ini sekaligus menjadikan Atalanta sebagai tim Italia pertama yang menjuarai kompetisi ini sejak Parma pada musim 1998-1999.

Susunan Pemain Atalanta vs Bayer Leverkusen

Atalanta (3-4-2-1): Musso; Djimsiti, Hien, Kolasinac (Scalvini 46′); Zappacosta (Hateboer 84′), Ederson, Koopmeiners, Ruggeri; De Ketelaere (Pasalic 57′), Scamacca (Toure 84′), Lookman

Bayer Leverkusen (3-4-2-1): Kovar; Stanisic (Boniface 46′), Tah, Tapsoba; Frimpong (Tella 81′), Xhaka, Palacios (Andrich 68′), Hincapie; Wirtz (Schick 81′), Adli, Grimaldo

Sumber : Hancurkan Bayer Leverkusen 3-0, Alatanta Juara Liga Europa

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started