DPRD Barito Utara Minta Pemda Tegas Terhadap Perusahaan Nakal

Coltliq Ekajaya – 1tulah |

1TULAH.COM, Muara Teweh- Anggota DPRD Barito Utara, Karianto Saman,  meminta kepada pemerintah daerah bersikap tegas terhadap perusahaan nakal yang melanggar aturan.

Menurut Karianto Saman, masih banyak perusahaan tak lapor saat masuk dan memulai operasional di Barito Utara.

Politisi paretai Demokrasi Perjuangan (PDIP) Barito Utara ini mengatakan, perusahaan-perusahaan nakal jangan sampai dibiarkan, sebab hal itu akan dapat merugikan bagi daerah maupun masyarakat.

“Sering kali perusahaan lapor jika ada masalah dengan warga di lapangan. Tetapi saat itu pula Pemda baru tahu jika perusahaan tersebut belum pernah lapor. Sosialisasi di desa iya, tapi lapor ke pemerintah daerah belum pernah. Mestinya, saat pertama kali hendak berinvestasi lapor begitu juga saat memulai operasional,” kata Karianto Saman, Rabu 22 Mei 2024.

Dia menambahkam, ketegasan perlu untuk memberikan efek jera kepada pihak perusahaan apabila memang di dapati tidak mentaati aturan sesuai undang-undang.

Lagi katanya, ada banyak aturan yang harus ditaati oleh perusahaan misalnya yakni tidak membuang limbah sembarangan, melakukan reboisasi lahan bekas beroperasi, merealisasi plasma maupun CSR dan lain-lain.

“Jika terdapat perusahaan yang tidak taat terhadap aturan-aturan itu dan lalai terhadap kewajibannya maka harus ditindak tegas serta diberikan sanksi seperti pencabutan izin beroperasi,”

“Perusahaan itu wajib menciptakan investasi sehat, maka aturan berlaku harus ditaati jangan seenaknya saja. Artinya disini harus saling menguntungkan,” tutupnya.(*)

Sumber : DPRD Barito Utara Minta Pemda Tegas Terhadap Perusahaan Nakal

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started