Ayatollah Alo Khamenei Akan Pimpin Salat Jenazah Mendiang Presiden Raisi

Coltliq Ekajaya – 1tulah |

1TULAH.COM – Prosesi pemakaman mendiang Presiden Iran Ebrahim Raisi serta pejabat lainnya yang tewas dalam kecelakaan helikopter, dimulai pada Selasa di Kota Tabriz, barat laut Iran.

Puluhan ribu warga Iran, termasuk pejabat senior serta komandan militer, berkumpul di Lapangan Martir di kota itu untuk menyaksikan upacara pemakaman mendiang presiden negara dan pejabat lain yang tewas dalam insiden tersebut.

Jenazah mereka akan diterbangkan pada hari berikutnya ke Kota Qom di Iran tengah, yang merupakan rumah bagi salah satu tempat suci serta pesantren keagamaan tempat Raisi belajar.

Usai upacara kedua di Qom, jenazah para petinggi pemerintah tersebut akan dibawa ke Ibu Kota Teheran, di mana Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei dijadwalkan akan memimpin salat jenazah berjamaah bagi mereka.

Pada Kamis (24/5/2024), sesuai rencana perjalanan, jenazah Raisi akan dibawa ke kampung halamannya yang berada di Masyhad untuk dimakamkan di tempat suci Imam Reza.

Raisi, presiden ke-8 Iran sejak Revolusi Islam 1979, menjabat sebagai penjaga tempat suci Imam Reza selama beberapa tahun sebelum menjadi kepala kehakiman negara tersebut pada 2019 kemudian menjadi presiden pada tahun 2021.

Usai operasi pencarian sepanjang malam terhambat oleh cuaca buruk, Raisi, Menteri Luar Negeri Hossein Amir-Abdollahian, serta pejabat tinggi lainnya dinyatakan tewas pada Senin pagi (20/5/2024).

Puluhan tim penyelamat darurat dikerahkan ke daerah pegunungan di Provinsi Azerbaijan Timur, Iran, tempat kecelakaan tersebut terjadi pada Minggu sore (19/5/2024).

Menurut Konstitusi Iran, Wakil Presiden Pertama Mohammad Mokhber akan mengambil alih kekuasaan kepresidenan sampai pemilu baru diadakan.

Sumber : Ayatollah Alo Khamenei Akan Pimpin Salat Jenazah Mendiang Presiden Raisi

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started