Apoteker Puskesmas Lanjas Ikuti Seleksi Penilaian Nakes Teladan Tingkat Provinsi Kalteng

Coltliq Ekajaya – 1tulah |

1TULAH.COM, Muara Teweh- Apoteker Puskesmas Lanjas, Ermira Zenifa mewakili Kabupaten Barito Utara, mengikuti seleksi penilaian tenaga kersehatan (nakes) tingkat Provinsiu Kalimantna Tengah, Selasa 21 Mei 2024.

Ermira Zenifa merupakan apoteker di Puskesmas Kelurahan lanjas. dalam keikutsertaannya pad seleksi Penilaian Nakes Teladan, di palangkaraya. ia memaparkan hasil inovasi “SEMOED LANJAS” dihadapan dewan juri.

Dalam makalah proposalnya, Ermira Zenifa menerangkan, era Jaminan Kesehatan Nasional, masalah pengelolaan obat di puskesmas masih sering terjadi. Sehingga perlu dilakukan evaluasi yang berkelanjutan untuk menjamin ketersediaan, keamanan dan pelayanan obat yang optimal.

“Di lihat dari permasalahan, banyak sekali pasien berkunjung dan berobat ke puskesmas datang dengan keluhan tiba- tiba obatnya sudah expired atau kadaluwarsa,” kata Ermira Zenifa, Rabu 22 Mei 2024 kepada media ini.

Menurutnya, inovasi yang dilakukan juga dilatar belakangi maraknya kasus pemberian obat kadaluwarsa salah satunya dilansir dari laman CNN Indonesia tentang pemberian obat kadaluwarsa kepada ibu hamil dengan keluhan muntah- muntah karena meminum vitamin yang sudah kadaluwarsa dari puskesmas.

“Atas dasar itu saya selaku inisiator membuat suatu inovasi terobosan untuk memecahkan masalah dengan Aplikasi SEMOED LANJAS(system Monitoring obat Expired date). Adanya aplikasi ini hadir memberikan inovasi terbaik untuk memonitoring setiap pergerakan obat expired atau kadaluwarsa dari yang manual berubah ke sistem digital dengan pemberitahuan pada smartphone petugas Kesehatan.

“Khususnya farmasi untuk memudahkan pengecekan obat mana saja yang akan kadaluwarsa, sehingga dapat di dokumentasikan dan disingkirkan secepatnya dari etalase obat agar bermanfaat untuk Masyarakat,” imbuhnya.

Dengan adanya penilaian Nakes teladan ini diharapkan dapat memotivasi teman-teman sejawat khususnya tenaga Kesehatan di kabupaten Barito Utara untuk turut berpartisipasi dalam pengembangan ide- ide yang inovatif yang bermanfaat untuk kemajuan dan Pembangunan Indonesia Sehat.

“Harapan kedepannya semoga Inovasi ini dapat berlanjut dan berkembang untuk seluruh puskesmas yang ada ada di Kabupaten Barito Utara khususnya pengelola Farmasi,” tutupnya.(*)

Sumber : Apoteker Puskesmas Lanjas Ikuti Seleksi Penilaian Nakes Teladan Tingkat Provinsi Kalteng

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started