Jemaah Haji Kloter JKG-01 Tiba Pertama di Mekkah, Istirahat 4 Jam Sebelum Umrah

Coltliq Ekajaya – 1tulah |

1TULAH.COM – Sebanyak 392 jemaah haji dari Kelompok terbang (kloter) pertama Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG-01) akhirnya tiba di Kota Mekkah, pada Senin (20/5/2024) sekira jam 12.30 Waktu Arab Saudi.

Jemaah haji itu menghabiskan waktu sekira 6,5 jam sejak kali pertama dilepas dari Hotel Abraj Taba di Kota Madinah. Sebelum memasuki Mekkah, mereka terlebih dahulu melakukan miqat di Masjid Bir Ali untuk niat ihram dan salat sunah sebelum akhirnya melanjutkan perjalanan ke Mekkah dengan menggunakan 10 bus.

Kedatangan para jemaah disambut dengan gembira. Mereka diberikan bunga, minuman, jus, cemilan, kue hingga suvenir berupa parfum.

Seorang jemaah, Entam Rustamah menuturkan kegembiraannya bercampur haru dengan sambutan yang diberikan oleh Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH).

“Alhamdulillah sampai di Makkah tengah hari jam 13.00 tadi. Kami bersyukur sekali semuanya ramah menyambut saya dari mulai bus begitu turun orang-orang yang ada di Makkah begitu terharu saya, dituntun, dikasih makanan.”

“Ya Allah begitu baiknya. Begitu baiknya bersyukur sekali. Semoga bisa menjadi haji yang mabrur,” katanya mengusap air matanya.

Selain itu, seremonial penyambutan juga dilakukan dengan menyerahkan secara simbolik pengalungan smart card kepada perwakilan salah satu jemaah. Smart Card itu berbentuk kartu elektronik yang dikeluarkan secara resmi oleh Kerajaan Arab Saudi.

Nantinya, kartu ini diharapkan dapat memudahkan jemaah dalam mengakses informasi yang berkaitan dengan haji, seperti lokasi-lokasi pelaksanaan haji di Tanah Suci.

Salah satu yang penting, smart card ini menjadi akses masuk ke Arafah. Sehingga kartu itu harus selalu dibawa oleh jemaah dan jangan sampai hilang.

Kepala Daerah Kerja (Daker) Mekkah Khalilurrahman menyampaikan, PPIH Arab Saudi sudah menyiapkan seluruh fasilitas maksimal bagi jemaah.

“Kami ingin jemaah dapat aman dan nyaman selama beribadah di Kota Makkah. Di pemondokan, ada petugas-petugas yang siap melayani jemaah. Silakan menghubungi petugas bila perlu bantuan,” katanya.

Usai tiba di Mekkah, jemaah dipersilakan beristirahat selama empat jam, sebelum nantiya berangkat ke Masjidil Haram untuk melaksanakan umrah.

Selain JKG-01, hari ini terdapat tujuh kloter lain yang diberangkatkan ke Mekkah, yakni: JKG-02, JKS-01, JKS-02, BTH-01, dan PLM-01 yang diberangkatkan pada jam 14.00 WAS.

Sedangkan SUB-01 dan UPG-01 akan diberangkatkan pada pada jam 17.00 WAS. Dengan demikian, total jemaah yang diberangkatkan ke Mekkah pada hari Senin mencapai 3.425 orang, menggunakan 85 bus.

Sumber : Jemaah Haji Kloter JKG-01 Tiba Pertama di Mekkah, Istirahat 4 Jam Sebelum Umrah

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started