Pemkab Murung Raya Tampilkan Mitologi Karnaval Budaya FBIM 2024

Coltliq Ekajaya – 1tulah |

1tulah.com, Puruk Cahu – Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) 2204 resmi dimulai yang dimeriahkan Karnaval Budaya.

Dalam karnaval budaya ini Kabupaten Murung Raya mengangkat tema “Batang Tala Bulan”. Dalam penyajiannya, Kabupaten Murung Raya menampilkan dan menghadirkan sebagian dari Mitologi Dayak yang disimbolkan melalui keberadaan para penguasa alam yang beraneka ragam dan bentuk, yang melambangkan keseimbangan atau keharmonisan hubungan antara sesama manusia, manusia dengan alam dan manusia dengan Tuhan.

Dalam kesempatan ini juga Pj Bupati Mura, Hermon turut menghadiri Karnaval Budaya FBIM 2024. Adapun di barisan peserta karnaval Kabupaten Mura diantaranya Pj Sekda Mura Rudie Roy, Asisten III Sekda Mura, Batara, Kadisdik Mura Ferdinand Wijaya, sejumlah Kepala Perangkat Daerah, Komunitas Generasi Pecinta Seni Budaya Mura serta stakeholder terkait.

Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran lepas peserta Lomba Karnaval Budaya Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) Tahun 2024, di Bundaran Besar Palangka Raya, Minggu (19/5) malam.

Dalam sambutannya Gubernur Kalteng mengatakan Karnaval Budaya ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke-67 Provinsi Kalteng, sekaligus sebagai salah satu bentuk promosi seni budaya dan penunjang kepariwisataan nasional dalam mendukung Program “Wonderful Indonesia” Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI dan telah dimasukan dalam Kharisma Event Nusantara (KEN), serta Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI).

Gubernur berharap, event tahunan FBIM ini bisa terus ditingkatkan dan diperbaiki ke depannya, sehingga kebudayaan Kalteng akan menjadi kekuatan industri kreatif untuk menunjang perekonomian.

“Untuk itu saya mengimbau seluruh masyarakat Kalimantan Tengah, Bupati, Pj Bupati, Wali Kota beserta jajaran, agar mulai budayakan hidup bersih. Percuma kita membangun segala sesuatu dengan kualitas baik tetapi masyarakatnya tidak berbudaya hidup bersih,” imbuhnya.

Nampak hadir Ketua TP PKK Kalteng Ivo Sugianto Sabran, Wakil Gubernur Kalteng H Edy Pratowo dan istri Nunu Andriani, Wakil Ketua DPRD Kalteng Abdul Razak, Bupati/Pj Bupati dan Pj Wali Kota se-Kalteng, Staf Ahli Gubernur dan Asisten Setda, unsur Forkopimda, Kepala Instansi Vertikal dan Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemprov Kalteng. (Sur)

Sumber : Pemkab Murung Raya Tampilkan Mitologi Karnaval Budaya FBIM 2024

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started