Berpartisipasi Lomba Perahu Hias di Gelaran FBIM Tahun 2024, Pemkab Barut Tampilkan Tradisi Potong Hompong

Coltliq Ekajaya – 1tulah |

1tulah.com, PALANGKA RAYA-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Utara tidak mau ketinggalan dalam memeriahkan lomba Perahu Hias dalam rangka gelaran  Festival Budaya Isen Mulang Tahun 2024 yang dilaksanakan Sungai Kahayan Kota Palangka Raya, Senin (19/5/2024).

Kegiatan lomba Perahu Hias kali ini diikuti Kabupaten/Kota se-Kalimantan Tengah yang dibuka secara resmi oleh Plh. Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Provinsi Kalimantan Tengah Herson Aden.

Kadis Budparpora Kabupaten Barito Utara  Hj Annisa Cahyawati meyampaikan, partisipasi Pemkab Barut dalam lomba perahu hias ini bertujuan untuk meningkatakan bidang pariwisata serta menumbuhkan rasa kecintaan terhadap budaya yang ada di Kalimantan Tengah, khususnya tradisi Potong Hompong.

Ia menjelaskan, tradisi Potong Hompong yang menjadi tema utama perahu hias Pemkab Barut bermakna peyambutan tamu yang baru saja menginjakan kaki di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan yang biasanya dilakukan oleh masyarakat suku dayak Kabupaten Barito Utara.

“Potong hompong diperuntukan sebagai penghormatan kepada tamu sekaligus kilas balik peninggalan nenek moyang yang terus dilestarikan dengan semboyan daerah Iya Mulik Bengkang Turan,”jelas Hj.Annisa Cahyawati saat mengikuti tim Perahu Hias Kontingen Barito Utara bertanding.(Delia)

 

Sumber : Berpartisipasi Lomba Perahu Hias di Gelaran FBIM Tahun 2024, Pemkab Barut Tampilkan Tradisi Potong Hompong

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started