Basuki Perlihatkan Canggihnya Rumah Dinas Menteri di IKN

Coltliq Ekajaya – 1tulah |


1TULAH.COM –
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan kunjungan langsung ke rumah dinas menteri yang baru dibangun di Ibu Kota Nusantara (IKN). Selama kunjungannya, ia memamerkan kecanggihan rumah yang mengusung konsep smart home.

Sensasi kemewahan rumah tersebut sudah terasa sejak saat memasuki pintu depan, yang menggunakan smart door lock yang dapat diakses dengan sidik jari. Sistem listriknya juga menggunakan teknologi panel surya, yang membuatnya lebih ramah lingkungan.

Basuki menyatakan bahwa dengan semua fasilitas dan teknologi yang disematkan, Rumah Tapak Jabatan Menteri (RTJM) di IKN Nusantara jauh melampaui kualitas rumah jabatannya di Widya Chandra, Jakarta.

“Karena saya orang desa ini sudah bagus. Ini cukup, cukup banget. Bagus ini. Luas di sana, tapi ini baru, nggak bisa dibandingkan. Sudah cukup buat saya,” terangnya.

Rumah dinas menteri di Ibu Kota Nusantara memiliki luas bangunan sekitar 580 m² lengkap dengan perabotannya, yang dibangun di atas lahan seluas 1.000 m². Menurut catatan detikcom, pembangunan Rumah Tapak Jabatan Menteri (RTJM) terdiri dari total 36 unit, yang terbagi menjadi dua kawasan: 12 unit di persil 104 dan 24 unit di persil 105. Dari jumlah tersebut, 11 unit berlokasi di area downslope, sementara 25 unit lainnya berada di uplsope.

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) telah menyatakan bahwa hunian di IKN akan menerapkan konsep smart home untuk mendukung keberlanjutan pembangunan. Konsep smart home di IKN, menurut Urban Design Development KIPP (Kawasan Inti Pusat Pemerintahan), dilengkapi dengan beberapa elemen seperti pencahayaan, audio dan musik, sistem otomatis dan kontrol, ruang media, jaringan, dan keamanan modern. Satu-satunya elemen yang diterapkan tanpa bantuan alat adalah pencahayaan, yang mengandalkan bukaan pada bangunan sehingga memungkinkan cahaya dan udara masuk ke dalam.

Meskipun memiliki konsep smart home, hunian di IKN dipastikan memiliki emisi karbon yang rendah. Bahkan, IKN telah menetapkan target untuk menjadi bebas emisi karbon pada tahun 2045 dengan menggunakan material ramah lingkungan atau green material.

Sumber : Basuki Perlihatkan Canggihnya Rumah Dinas Menteri di IKN

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started