Tips Amankan Diri Ketika Terjadi Gempa Bumi Saat Tengah Malam

Coltliq Ekajaya – 1tulah |

1TULAH.COM – Baru-baru ini gempa bumi berkekuatan 6.6 magnitudo terjadi di kawasan Garut, Jawa Barat, pada Sabtu (27/4/2024) tengah malam sekitar pukul 23.29 WIB. Gempa dinilai cukup kencang hingga terasa sampai di kota-kota sekitarnya, termasuk Bandung. Dikarenakan terjadi tengah malam, banyak masyarakat yang sudah beristirahat hingga terbangun dari tempat tidur.

Seorang warga di Kawasan Antapani mengaku sampai berlari keluar rumah untuk mengevakuasi diri.

“Bandung (terasa) kencang. Aku sampai lari keluar (rumah),” kata warga Bandung, Kiki.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat jika pusat gempa berada di 8.42 Lintang Selatan, 107.26 Bujur Timur atau 151 kilometer barat daya Kabupaten Garut. Adapun kedalaman gempa berada di 10 kilomter di bawah permukaan laut dan tidak berpotensi tsunami.

Sebelumnya, Gempa bumi berkekuatan magnitudo 3,1 juga terjadi di wilayah Cianjur dan Sukabumi, Jawa Barat, di hari yang sama sekitar pukul 20.22 WIB. BMKG menyatakan terdapat gempa bumi tektonik di wilayah itu. Hal tersebut terjadi akibat adanya gempa bumi dangkal imbas dari aktivitas Sesar Cugenang.

Gempa bumi yang terjadi ketika malam hari bisa jadi lebih berbahaya, karena kebanyakan orang sudah beristirahat sehingga kesempatan untuk mengamankan diri menjadi lebih sempit. Walau begitu bukan berarti tak ada yang bisa dilakukan. Kementerian Kesehatan memberikan tips berikut cara mengamankan diri saar terjadi gempa bumi di malam hari.

1. Ketika merasa ada getaran gempa ketika sedang tidur atau tidak dalam kondisi tidur, jangan panik. Anda dapat mencari tempat aman untuk berlindung. Misalnya, berlindung di bawah meja dengan memegang kaki meja. Jangan lupa lindungi kepala, bisa dengan menggunakan tas atau minimal dengan tangan2. Jika masih dapat berjalan normal, sebaiknya pergi keluar rumah dan berdiri di tempat terbuka. Hindari berdiam di bawah gedung maupun atap rumah.
3. Jauhi pohon, tiang listrik, hingga bangunan yang bisa rubuh seketika.
4. Jika getaran gempa bumi telah selesai, lebih waspada terhadap gempa susulan. Getaran yang terjadi pada gempa susulan terkadang lebih besar dari gempa pertama

Sumber : Tips Amankan Diri Ketika Terjadi Gempa Bumi Saat Tengah Malam

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started