Harga Bawang Merah Tembus Rp80 Ribu Perkilo!

Coltliq Ekajaya – 1tulah |

1TULAH.COM – Harga bawang merah yang semakin mahal hingga menembus Rp80 ribu per kilo membuat komoditas satu ini menjadi barang ‘mewah’.

Arief Prasetyo, Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) mengaku perlu 1 bulan lebih untuk dapat menurunkan harga bawang merah dari level tertingginya saat ini.

“Bawang merah itu dalam 30-40 hari ke depan kondisinya akan kembali membaik,” kata Arief di Istana Kepresidenan, Jakarta pada Rabu (24/4/2024).

Penurunan harga ini diyakini akan terjadi sebab pasokan akan kembali pulih dari sejumlah sentra produksi, mulai dari Enrekang, Brebes, Demak, hingga Nganjuk.

“Kalau di tingkat petani itu 30-35 ribu, di pasar induk itu Rp45-Rp50 ribu, kemudian yang di pasar turunan sekitar Rp80 ribu. Sekarang sudah turun semuanya,” katanya.

Peristiwa banjir besar yang terjadi di sekitaran Jawa Tengah seperti wilayah Demak dan Brebes beberapa waktu lalu lanjut Arief menjadi biang kerok tingginya harga bawang merah akhir-akhir ini, dikatakannya sekitar 7.500 hektare lahan bawang merah terdampak atas bencana tersebut.

Untuk itu, ujar Arief, butuh sekitar 1 bulan agar produksi bawang merah kembali normal pasca bencana banjir.

“Butuh 30 hari karne kan baru bisa nanam lagi setelah banjir, demak dan beberapa daerahnya itu kan semua Brebes sentra produksi,” katanya.

Sumber : Harga Bawang Merah Tembus Rp80 Ribu Perkilo!

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started