Sesama Mantan Ajudan Ferdy Sambo, Beda Nasib Bharada E dan Ricky Rizal Bagai Bumi Langit

Coltliq Ekajaya – 1tulah |

1TULAH.COM  – Bharada Richard Eliezer atau Bharada E akhir-akhir ini kembali mengundang perhatian. Polisi itu kini dikabarkan telah menikah usai lolos dari kasus kontroversial Ferdy Sambo.

Bharada E sendiri mempunyai nasib mujur. Sebab, meski ia yang diperintah menembak mendiang Brigadir J, Eliezer kini bebas bersyarat.

Hal tersebut berbeda dengan nasib ajudan Ferdy Sambo yang lain, yakni Bripka Ricky Rizal. Apa perbedaannya?

Beda Nasib Ricky Rizal dan Bharada E

Ricky Rizal hingga saat ini masih dalam tahanan. Mantan ajudan Ferdy Sambo itu sempat diperintah untuk menembak Brigadir J namun menolak. Walau demikian, ia terbukti bersalah atas kasus pembunuhan berencana tersebut.

Pada proses persidangan di Pengadilan Negeri dan Pengadilan Tinggi, Ricky Rizal dinilai terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah telah melakukan pembunuhan berencana terhadap Brigadir Yosua. Ricky Rizal juga dinilai berbelit-belit dan mencoreng institusi Polri.

Majelis Hakim PN Jakarta Selatan menilai Ricky Rizal terbukti melanggar Pasal 340 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) juncto Pasal 55 Ayat (1) ke 1 KUHP. Hal tersebut membuat Ricky Rizal dijerat hukuman 13 tahun penjara.

Ricky Rizal sempat mengajukan banding, namun ditolak. Hingga pada Agustus 2023 lalu, Majelis Agung memutuskan untuk mengurangi vonis Ricky Rizal jadi 8 tahun.

Berbeda dengan Ricky Rizal, Bharada E yang sebelumnya mengajukan diri sebagai Justice Collaborator hanya mendapat vonis penjara 1 tahun 6 bulan.

Eliezer lalu dinyatakan bebas bersyarat sejak Jumat, 4 Agustus 2023 lalu.

 

Sumber : Sesama Mantan Ajudan Ferdy Sambo, Beda Nasib Bharada E dan Ricky Rizal Bagai Bumi Langit

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started