WHO Menyetujui Vaksin Baru Men5CV untuk Meningitis

Coltliq Ekajaya – 1tulah |

1TULAH.COM – WHO telah menyetujui vaksin baru, Men5CV, untuk melawan meningitis. Vaksin ini diklaim mampu melindungi terhadap lima strain bakteri meningococcus.

Kegiatan vaksinasi darurat ini didanai oleh Gavi, Vaccine Alliance, yang bertanggung jawab atas persediaan vaksin meningitis secara global. Gavi juga memberikan dukungan kepada negara-negara berpenghasilan rendah untuk vaksinasi rutin terhadap meningitis.

WHO mengumumkan bahwa vaksin ini akan didistribusikan terlebih dahulu kepada penduduk di Nigeria. Negara ini merupakan salah satu pusat penyebaran penyakit meningitis yang mematikan di Afrika. Pada tahun lalu, terjadi peningkatan 50% kasus meningitis tahunan dilaporkan di 26 negara Afrika yang dianggap sebagai negara hiperendemis meningitis.

“Peluncuran vaksin di Nigeria membawa kita selangkah lebih dekat ke tujuan kita untuk menghilangkan meningitis pada tahun 2030,” kata Dirjen WHO Tedros

Ghebreyesus menyampaikan dalam pernyataannya bahwa WHO telah memberikan dukungan kepada Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Nigeria (NCDC) dalam menanggapi wabah meningitis di negara tersebut. Dukungan ini mencakup surveilans penyakit, penemuan kasus aktif, pengujian sampel, dan manajemen kasus. WHO dan mitranya juga turut berperan penting dalam membantu Nigeria dalam mempersiapkan peluncuran vaksin baru dan melatih petugas kesehatan.

Meningitis merupakan infeksi serius yang menyebabkan peradangan pada selaput (meningen) yang melindungi otak dan sumsum tulang belakang. Penyebab meningitis dapat berasal dari virus, bakteri, jamur, dan parasit. Gejalanya umumnya meliputi sakit kepala, demam, dan leher kaku. Meningitis bakterial merupakan penyakit yang paling serius dan dapat mengakibatkan septikemia (keracunan darah), serta dapat menjadi fatal dalam waktu 24 jam bagi penderitanya.

Sumber : WHO Menyetujui Vaksin Baru Men5CV untuk Meningitis

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started