Apa Itu Pneumothorax yang Dialami Winter aespa?

Coltliq Ekajaya – 1tulah |

 

1TULAH.COM – Winter Aespa saat ini sedang dalam tahap pemulihan setelah menjalani operasi pneumotoraks. Operasi tersebut dilakukan dengan sukses pada hari Kamis (11/4) yang lalu. Prosedur tersebut bertujuan untuk mencegah kambuhnya pneumotoraks pada Winter.

“Winter baru-baru ini menjalani operasi untuk pneumotoraks dan saat ini sedang dalam pemulihan,” ucap SM Entertainment selaku agensi.

“Karena (pneumotoraks) adalah kondisi yang rentan kambuh, (operasi) dilakukan sebagai tindakan pencegahan sesuai dengan pendapat dokternya, dan keputusan itu dibuat setelah banyak diskusi,” imbuhnya.

Pneumotoraks adalah kondisi di mana paru-paru mengalami kolaps karena adanya penumpukan udara di dalam rongga pleura. Udara yang terkumpul akan mendorong bagian luar paru-paru, menyebabkan kolaps sebagian atau seluruh paru-paru.

Pneumotoraks merupakan kondisi medis yang serius dan memerlukan penanganan segera. Penyebabnya bisa berasal dari cedera akibat benturan benda tumpul atau sebagai komplikasi dari penyakit paru sebelumnya.

Berdasarkan penyebabnya, pneumotoraks terbagi menjadi dua jenis utama, yaitu pneumotoraks spontan dan pneumotoraks trauma. Pneumotoraks spontan terjadi tanpa adanya cedera dan terdiri dari dua subjenis, yaitu pneumotoraks primer (tanpa penyakit penyerta) dan pneumotoraks sekunder (disebabkan oleh penyakit paru-paru yang sudah ada sebelumnya).

Selain itu, ada juga pneumotoraks trauma yang disebabkan oleh cedera, seperti patah tulang atau saat paru-paru tertusuk selama prosedur medis.

Sumber : Apa Itu Pneumothorax yang Dialami Winter aespa?

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started