Buka Acara Forum Perangkat Daerah Tahun 2024, ini Pesan Pj. Bupati Barsel

Coltliq Ekajaya – 1tulah |

1tulah.com, BUNTOK-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Selatan (Barsel), menggelar acara forum perangkat daerah, dalam rangka menyusun rencana pembangunan daerah tahun 2024,bertempat di Aula kantor Bappeda, Jalan Pahlawan, Kamis (21/3/2024).

Dibuka secara resmi oleh Pj. Bupati Barsel, H. Deddy Winarwan, dengan  didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Eddy Purwanto bersama Asisten I, dan dihadiri seluruh Kepala perangkat daerah, para Camat beserta perwakilan delegasi dari 6 Kecamatan se-Kabupaten Barsel, dan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Dalam sambutannya, Pj. Bupati menerangkan, berdasarkan Undang-Undang (UU) nomor 25 tahun  2004 tentang sistem perencanaan  pembangunan nasional, dan Peraturan Pemerintah (Permen) nomor 8 tahun 2008 tentang  tahapan dan tata cara penyusunan, pengendalian dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan  daerah, telah mengamanatkan bahwa  pemerintah daerah wajib menyusun rencana pembangunan daerah.

“Di mana setiap proses penyusunan  dokumen rencana pembangunan daerah memerlukan tahapan-tahapan dan koordinasi antar instansi  pemerintah serta partisipasi seluruh  pelaku pembangunan,” terangnya.

Ia menuturkan, hingga sekarang tahapan yang telah selesai dilaksanakan Pemkab Barsel dalam penyusunan rencana pembangunan daerah adalah tahapan Forum Konsultasi Publik Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2025 dan Musrenbang RKPD di Kecamatan pada Februari lalu.

“Kemudian dilanjutkan pada hari ini kita akan melaksanakan tahapan perencanaan selanjutnya yakni Forum Perangkat Daerah Kabupaten Barsel tahun 2024,” tutur pria alumni IPDN anggatan tahun 2000 itu.

Ia mengatakan, kegiatan Forum Perangkat Daerah merupakan forum sinkronisasi pelaksanaan urusan pemerintahan daerah untuk merumuskan program dan kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsi Perangkat Daerah.

 

Selain itu, lanjutnya, kegiatan tersebut juga dalam rangka penajaman indikator dan target kinerja program serta penyelarasan program dan kegiatan antar Perangkat Daerah dalam rangka sinergitas pelaksanaan dan optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing Perangkat Daerah.

Lebih lanjut Pj. Bupati menambahkan, serta dalam rangka penyesuaian  pendanaan program dan kegiatan  prioritas berdasarkan pagu indikatif  untuk masing-masing Perangkat Daerah, maka dengan demikian pelaksanaan Forum Perangkat Daerah esensinya adalah dalam rangka untuk menyusun RKPD tahun 2025.

Dengan melakukan penyesuaian terhadap program prioritas dan sasaran pembangunan yang akan dilaksanakan oleh pemerintah pusat, Provinsi dan juga terhadap apa yang termuat di dalam Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Kabupaten Barsel tahun 2023-2026.

“Sebagai mana di atur dalam dokumen RPD Kabupaten Barsel tahun 2023-2026 tahun ke-3 difokuskan untuk pertumbuhan ekonomi, pemerataan pendapatan, pengentasan kemiskinan dan membuka kesempatan kerja yang luas, sehingga kita bisa menetapkan arah kebijakan pembangunan tahun 2025 yang sudah kita selaraskan dengan arah kebijakan Provinsi maupun nasional,” kata H. Deddy Winarwan. (Alifansyah)

 

Sumber : Buka Acara Forum Perangkat Daerah Tahun 2024, ini Pesan Pj. Bupati Barsel

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started