Apakah Mata Kering Bisa Menyebabkan Sakit Kepala? Simak Selengkapnya!

Coltliq Ekajaya – 1tulah |

1TULAH.COM – Mata kering dan sakit kepala dapat saling mempengaruhi satu sama lain, menurut penelitian yang mengindikasikan adanya korelasi dua arah antara keduanya. Mata kering bisa menjadi pemicu atau gejala yang sering dialami oleh penderita sakit kepala, dan sebaliknya, sakit kepala juga dapat menjadi faktor risiko bagi mata kering.

Kondisi mata kering ditandai dengan sensasi sakit atau perih di mata, sering kali disertai dengan rasa mengganjal atau sensasi ada yang tersangkut di mata. Gejala lainnya termasuk sering berkedip, sensitivitas terhadap cahaya, penglihatan kabur, dan mata yang terasa lelah.

Sejumlah penelitian menemukan hubungan antara sakit kepala migrain dan mata kering. Salah satunya dilakukan pada tahun 2017 terhadap 14.329 orang dewasa, menemukan bahwa 14,4 persen dari mereka yang mengalami migrain melaporkan diagnosis mata kering, dibandingkan dengan 8,2 persen yang tidak mengalami migrain. Penelitian lain pada tahun 2019 dengan 72.969 peserta menunjukkan bahwa orang yang mengalami migrain memiliki kemungkinan 1,42 kali lebih besar untuk didiagnosis dengan mata kering.

Meskipun demikian, belum ada kesimpulan pasti mengenai sebab-akibat antara migrain dan mata kering. Tidak jelas apakah migrain menyebabkan mata kering, sebaliknya, atau apakah terdapat faktor lain yang menjelaskan hubungannya.

Dalam merawat kedua kondisi ini, penting untuk memperhatikan faktor penyebab yang tidak jelas. Tidak ada bukti bahwa mengobati satu kondisi dapat menyembuhkan kondisi lainnya. Pencegahan bisa dilakukan dengan meminta resep obat tetes mata dari dokter, mengelola pemicu dan faktor lingkungan, serta melakukan kompres hangat pada mata. Jika upaya perawatan di rumah tidak berhasil, konsultasi ke dokter adalah langkah yang penting.

Selain pencegahan mata kering, penting juga untuk mendapatkan rekomendasi dari dokter untuk pengobatan. Di rumah, dapat dilakukan penggunaan obat pereda nyeri, meningkatkan asupan cairan, melakukan peregangan untuk meredakan sakit kepala tegang, mengelola stres, dan menjalani pola hidup sehat.

Sumber : Apakah Mata Kering Bisa Menyebabkan Sakit Kepala? Simak Selengkapnya!

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started