Permalukan Italia, Swiss Melaju ke Perempat Final Euro 2024

Coltliq Ekajaya – 1tulah |

1TULAH.COM – Swiss berhak atas satu tiket perempat final Euro 2024 setelah menyingkirkan juara bertahan Italia di babak 16 besar. Dalam laga yang digelar di Olympiastadion, pada Sabtu (29/6/2024), Swiss menang telak dengan skor 2-0.

Dua gol kemenangan Swiss masing-masing dicetak oleh Remo Freuler pada menit 37 dan Ruben Vargas di menit 46.

Di babak perempat final, Swiss akan menghadapi pemenang pertandingan 16 antara Inggris vs Slovakia yang akan digelar Minggu (30/6/2024) malam WIB.

Swiss yang berstatus sebagai underdog di laga ini justru tampil dominan. Sejak peluit kick-off dibunyikan, anak-anak asuh Murat Yakin berulang kali membuat repot barisan pertahanan Italia.

Seperti yang terjadi pada menit ke-12 ketika Dan Ndoye mendapat peluang. Beruntung bagi Azzurri, sepakan pemain tersebut masih melebar di sisi kiri gawang Donnarumma.

Peluang lain didapat Swiss oada menit 24 saat Breel Embolo lolos dari jebakan offside dan berhadapan satu lawan satu dengan Donnarumma. Lagi-lagi Donnarumma keluar sebagai penyelamat usai menepis bola tembakan Embolo.

Namun keberuntungan Italia hanya bertahan sampai menit ke-37. Memanfaatkan ruang kosong di sisi kanan kotak penalti, Remo Freuler tak mensia-siakan umpan silang Ruben Vargas yang berhasil ia sarangkan ke sudut bawah kanan gawang Donnarumma.

Skor 1-0 untuk keunggulan Swiss bertahan hingga turun minum.

Belum genap satu menit bola bergulir di babak kedua, gawang Italia kembali bergetar. Mendapat ruang di sisi kanan pertahanan Italia, Vargas melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti yang tak dapat dijangkau Donnarumma.

Gol cantik Vargas itu menggandakan keunggulan Swiss 2-0 atas Italia di menit 46.

Tertinggal dua gol, Italia mencoba untuk membalas. Pergantian pemain dan perubahan taktik dilakukan Luciano Spaletti, namun tak juga membuahkan hasil.

Di menit-menit akhir laga, justru Swiss yang kembali mendapat peluang untuk menambah skor. Namun sayang, umpan mendatar Kwando Duah ke depan gawang terlambat disambut rekannya.

Hingga laga berakhir, skor 2-0 untuk kemenangan Swiss tetap bertahan.

Susunan Pemain

Swiss (3-4-2-1): Yann Sommer, Fabian Schar, Manuel Akanji, Ricardo Rodriguez, Michel Aebischer, Remo Freuler, Granit Xhaka, Fabian Rieder, Ruben Vargas, Dan Ndoye, Breel Embolo.

Pelatih: Murat Yakin.

Italia (4-3-3): Gianluigi Donnarumma, Matteo Darmian, Alessandro Bastoni, Gianluca Mancini, Giovanni Di Lorenzo, Nicolo Barella, Nicolo Fagioli, Bryan Cristante, Stephan El Shaarawy, Gianluca Scamacca, Federico Chiesa.

Pelatih: Luciano Spalletti

Sumber : Permalukan Italia, Swiss Melaju ke Perempat Final Euro 2024

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started