Jangan Hanya Ikut-ikutan Tren, Ini Hukum Mempercayai Cek Khodam dalam Islam

Coltliq Ekajaya – 1tulah |

1TULAH.COM – Ramai di media sosial terutama platform TikTok tentang tren cek khodam. Hal tersebut lantas menimbulkan pertanyaan, apa itu khodam dalam Islam?

Akhir-akhir ini, tren cek khodam ramai di media sosia. Berawal dari salah satu pengguna Tiktok yang melalukan live TikTok untuk membacakan cek khodam tanpa memperlihatkan wajahnya. Ia membacakan cek khodam para penontonnya lewat nama.

Nama-nama khodam yang muncul pun bermacam-macam dancenderung lucu-lucu serta menghibur namanya, seperti seblak ceker, botol kecap, Naga Kocak, rice cooker, Panda Cupu, Edgar Burger, taplak meja, harimau kutub, dan lain sebagainya.

Namun tren cek khodam yang tengah ramai di media sosial ini hanya untuk seru-seruan dan hiburan semata, bukan untuk dibawa serius. Nah mengenai khodam, sebenarnya apa itu khodam dalam Islam? Berikut ini penjelasannya.

Dalam pandangan Islam, khodam dikatakan juga sebagai penjaga atau pengawal atau pelindung. Dalam budaya Jawa, khodam kerap disamakan dengan “perewangan”, yaitu makhluk ghaib yang tugasnya membantu dan menjaga manusia untuk urusan tertentu.

Kepercayaan terhadap khodam ini banyak dijumpai dalam tradisi keagamaan ataupun budaya di Indonesia serta sejumlah Negara lainnya di Asia Tenggara. Khodam ini kerap dikaitkan dengan amalan spiritual tertentu.

Umumnya, pelaku spiritual mempercayai jia keberadaan khodam itu dalam kehidupan mereka akan membantu untuk mencapai tujuan hidup sampai mengatasi berbagai masalah yang dihadapi. Tetapi secara ilmiah, keaslian khodam masih belum dapat diverifikasi secara ilmiah.

Perlu ditekankan, khodam ini tak sama seperti ilmu hitam yang kerap dikaitkan dengan ilmu-ilmu dukun atau sihir.Khodam ini berbeda dengan ilmu hitam sebab berasal dari kekuatan suci yang tak bertentangan dengan ajara Islam.

Dalam Islam, hukum mempunyai khodam ialah boleh jika pelakunya tal melakukan amalan-amalan yang yang bertentangan dengan syariat Islam. Selain itu, khodam yang diperbolehkan dalam Islam itu harus baik dan tidak menimbulkan kerugian (dharar) bagi diri sendiri.

Adapun khodam dalam Islam itu berfungsi sebagai penjaga dan pembantu manusia dalam berbagai urusan, seperti untuk keselamatan dan keberuntungan. Dalam Islam, khodam dianggap sebagai kekuatan suci yang sumbernya dari Allah SWT.

Sumber : Jangan Hanya Ikut-ikutan Tren, Ini Hukum Mempercayai Cek Khodam dalam Islam

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started