Minimnya LPJU di Barsel Picu Kekhawatiran Warga, Waket II DPRD Minta Pemda Lakukan Peningkatan

Coltliq Ekajaya – 1tulah |

1tulah.com, BUNTOK-Wakil Ketua (Waket) II DPRD Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Hj. Enung Irawati meminta kepada pemerintah daerah setempat untuk dapat meningkatkan akses Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) yang hingga sekarang masih minim.

“Sebab, di beberapa titik ruas Jalan Kota Buntok masih ada yang belum didukung LPJU,” ucapnya di Buntok, Rabu (26/6/2024).

Ia menerangkan, hal tersebut juga berdasarkan banyaknya laporan dari masyarakat atas minimnya akses penerangan lampu jalan, terutama di jalan lingkungan, keberadaan LPJU juga sangat penting apalgi saat malam hari, supaya dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti mengurangi tingkat kriminalitas.

“Sebab, daerah yang minim pencahayaan membuat pandangan berkurang, sehingga potensi aksi tindak kejahatan maupun kecelakaan mungkin saja bisa terjadi bahkan bisa lebih meningkat,” terang wanita yang akrab disapa ibu Hj. Enung.

Ia menuturkan, dari hasil reses yang dilaksanakan disejumlah Desa untuk menyerap aspirasi masyarakat, selain masalah infrastruktur pembangunan seperti akses Jalan, pendidikan dan kesehatan, masyarakat juga mengeluhkan masalah jaringan listrik, khususnya Desa-Desa yang belum bisa merasakan manfaat jaringan listrik 24 jam.

“Kebutuhan jaringan listrik tidak hanya untuk penerangan saja, tapi juga untuk mendukung aktivitas masyarakat, seperti jaringan telekomunikasi sebagai akses agar bisa menerima/menyampaikan informasi dengan cepat,” tutur Ketua PKB Barsel itu.

Ia mengatakan, pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan memang sangat penting bagi masyarakat di pelosok-pelosok Desa untuk membuka keterisolasian, agar mereka dapat berkomonikasi serta bersosialisasi dengan masyarakat luar, begitu juga dengan jaringan listrik dan telekomunikasi juga penting.

“Sebagai wakil rakyat kami minta kepada pemerintah daerah setempat untuk dapat memperhatikan permasalahan ini dalam mengakomodasi aspirasi masyarakat yang memang benar-benar prioritas, sehingga pembangunan di Bumi Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini dapat benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat secara nyata,” kata Hj. Enung Irawati. (Alifansyah)

 

Sumber : Minimnya LPJU di Barsel Picu Kekhawatiran Warga, Waket II DPRD Minta Pemda Lakukan Peningkatan

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started