Tahan Imbang 1-1 Peluang Georgia dan Ceko ke Babak 16 Piala Euro 2024 Tipis

Coltliq Ekajaya – 1tulah |

1TULAH.COM – Georgia bermain imbang 1-1 melawan Ceko pada matchday kedua Grup F Euro 2024 di Volksparkstadion, Hamburg, Sabtu (22/6) malam WIB.

Gol Timnas Georgia diperoleh melalui titik penalti yang dieksekusi dengan sempurna oleh Georges Mikautadze menit ke 45+4′.

Sementara gol yang diraih Ceko pada menit ke 24′ dianulir setelah wasit utama mencek kembali Video Assistant Referee (VAR).

Gol Ceko untuk menyamakan kedudukan imbang 1-1 tercipta pada menit ke 59′ melalui Patrik Schick.

Pertandingan ini sendiri sebenarnya dikuasai penuh oleh Ceko.

Indikatornya dari statistik, yang menunjukkan Ceko unggul segala-galanya dari sang lawan.

Ceko mendominasi 62 persen ball possession, termasuk juga unggul sampai 27 percobaan tembakan berbanding Georgia yang cuma 5, serta 12 tembakan tepat sasaran berbanding Georgia yang hanya 1.

Dengan hasil ini, kedua tim baru mengoleksi 1 poin di klasemen sementara Grup F di peringkat ketiga dan keempat, setelah keduanya sama-sama kalah pada matchday 1 (Ceko kalah 1-2 dari Portugal dan Georgia kalah 1-3 dari Turki).

Ceko maupun Georgia belum angkat koper dari Euro 2024, bahkan masih punya kans untuk setidaknya finis ketiga untuk lolos ke babak 16 besar sebagai salah satu peringkat tiga terbaik di fase grup.

Jalannya Pertandingan

Ketika pertandingan dimulai, Timnas Republik Ceko langsung mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan mendapatkan peluang lewat tendangan Adam Hlozek, yang masih dapat ditahan kiper Timnas Georgia Giorgi Mamardashvili.

Ceko akhirnya mampu menciptakan gol terlebih dahulu pada menit ke-22 setelah Hlozek mampu menyambar bola pantul tepisan Mamardashvili, namun tidak disahkan oleh VAR karena handsball.

Hlozek kembali memberjkan ancaman ke gawang Georgia, kali ini lewat tendangan kerasnya dari luar kotak penalti, akan tetapi masih dapat diamankan Mamardashvili.

Georgia mendapatkan peluang emas untuk unggul terlebih dahulu setelah mendapatkan hadiah tendangan penalti karena bek Ceko, Robin Hranac melakukan handsball di kotak terlarang.

Penyerang Georges Mikautadze yang maju sebagai algojo sukses melaksanakan tugasnya dengan baik setelah tendangannya tak dapat ditebak kiper Ceko, Jindrich Stanek sehingga skor berubah menjadi 1-0 pada injury time.

Tertinggal terlebih dahulu, Ceko langsung berinisiatif menyerang dan memberikan ancaman lewat tendangan Patrick Schick yang masih dapat ditepis Mamardashvili.

Skor 1-0 untuk keunggulan Georgia bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Georgia menciptakan peluang terlebih dahulu lewat tendangan Anzor Mekvabishvili yang masih menyamping dari gawang Ceko.

Pada menit ke-59, Ceko mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 melalui gol yang dicetak oleh Schick sehingga skor berubah menjadi 1-1.

Sukses menyamakan kedudukan, Ceko semakin bersemangat untuk berbalik unggul dan kembali menciptakan peluang lewat sundulan Ladislav Krejci yang masih menyamping dari gawang Georgia.

Selanjutnya Ceko terus menggempur lini pertahanan Georgia, namun solidnya lini pertahanan Georgia membuat upaya Tomas Soucek serta kolega tak kunjung membuahkan hasil.

Pada penghujung babak kedua, Georgia memiliki peluang emas untuk mencuri kemenangan setelah Saba Lobzhanidze tinggal berhadapan dengan kiper Ceko, namun tendangannya melambung sedikit di atas mistar gawang Ceko.

Skor sama kuat 1-1 tetap bertahan sampai laga rampung.

Selanjutnya pada pertandingan terakhir Grup F, Georgia akan menghadapi Portugal pada 27 Juni, sedangkan Ceko akan melakoni partai hidup mati kontra Turki di waktu yang bersamaan.

Sumber : Tahan Imbang 1-1 Peluang Georgia dan Ceko ke Babak 16 Piala Euro 2024 Tipis

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started