Diduga Alami Dehidrasi, Jemaah Haji Asal Bogor Meninggal di Saudi

Coltliq Ekajaya – 1tulah |

1TULAH.COM – Seorang jemaah haji dari Kota Bogor, Adjum Junaedi (73 tahun), meninggal dunia di Arab Saudi karena diduga mengalami dehidrasi selama menjalankan ibadah haji.

Anak almarhum, Rini Septiani (33 tahun), mengungkapkan kesedihannya atas kepergian ayahnya. Ia menerima kabar tersebut pada Selasa (18/6/2024) jam 4 subuh, dan merasa sedih karena mereka berharap ayahnya dapat pulang dengan selamat dan tidak hanya membawa koper, tetapi juga bersama ayahnya.

Rini menyebutkan bahwa sebelumnya ayahnya dilaporkan sakit oleh pengelola kloter Kota Bogor dan dibawa ke rumah

sakit karena mengalami dehidrasi.

Menurut informasi yang diterimanya dari pihak di sana, ayahnya hanya sakit selama dua hari karena dehidrasi dan masuk angin.

Cuaca yang sangat panas di Arab Saudi, dengan suhu mencapai 51 derajat Celsius, disebut sebagai salah satu faktor yang mungkin mempengaruhi kesehatan jemaah haji.

Meskipun begitu, keluarga Junaedi mengikhlaskan keputusan untuk tidak membawa pulang jenazahnya ke Indonesia, melainkan memilih untuk memakamkannya di sana.

Fauzan, Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kementerian Agama Kota Bogor, membenarkan bahwa hanya satu jemaah haji dari Kota Bogor yang meninggal dunia.

Ia mengucapkan belasungkawa kepada keluarga Junaedi dan berharap almarhum mendapat husnul khotimah karena meninggal di tempat yang baik, di hari yang baik.

Fauzan menjelaskan bahwa sesuai protokol, jemaah yang meninggal dunia saat menjalankan ibadah haji akan dimakamkan di Arab Saudi.

Keluarga juga akan menerima asuransi dari kejadian ini, yang proses pencairannya akan diurus setelah semua jemaah haji kembali ke Indonesia.

Selain itu, Fauzan mengapresiasi kerja keras petugas kloter, tim kesehatan, Tim Koordinasi Haji Indonesia (TKHI), dan ketua rombongan yang telah menjalankan prosedur dengan baik sesuai dengan ketentuan Pemerintah Arab Saudi, termasuk pengurusan pemakaman dan pendampingan untuk sholat jenazah di Masjidil Haram serta di lokasi pemakaman.

Sumber : Diduga Alami Dehidrasi, Jemaah Haji Asal Bogor Meninggal di Saudi

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started