Per September 2024, ASN Mulai Ramaikan Ibu Kota Baru di Kalimantan

Coltliq Ekajaya – 1tulah |

1TULAH.COM – Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) yakin jika pemindahan pertama aparatur sipil negara (ASN) dari Jakarta ke IKN di Kalimantan Timur bisa dimulai pada bulan September 2024.

“Kami optimis dan siap menyambut pemindahan ASN pertama pada awal September 2024 di ibu kota baru ini,” ujar Deputi Bidang Pengendalian Pembangunan Otorita IKN Nusantara, Thomas Umbu Pati Tena Bolodadi, dalam keterangan di Jakarta, Sabtu (22/6/2024).

OIKN menegaskan jika proyek pembangunan IKN berjalan sesuai target. Pada Kamis, 20 Juni, progres pembangunan IKN sudah mencapai 84 persen.

Thomas menjelaskan jika infrastruktur yang tengah dibangun meliputi berbagai fasilitas kunci seperti kompleks kantor pemerintahan, perumahan, jaringan jalan, sistem air, listrik, telekomunikasi, serta terowongan multi-utility.

Selain itu, proyek investasi swasta yang tak menggunakan APBN juga tengah dikerjakan sebagai fasilitas pendukung, termasuk pembangunan hotel, rumah sakit, sekolah, gudang, transportasi, dan lainnya.

“Kami yakin semua target dapat terselesaikan dan diharapkan semua target dapat terpenuhi,” ujar Thomas.

Pada Kamis (20/6/2024) lalu, OIKN bersama Komisi VII DPR meninjau perkembangan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan dan mengevaluasi kesiapan pelaksanaan upacara Hari Ulang Tahun ke-79 Indonesia di Kawasan Nusantara.

Thomas menyatakan jika PLN sudah membangun infrastruktur ketenagalistrikan di IKN dengan konsep ramah lingkungan, cerdas, dan indah. PLN Nusantara Power kini sedang menyelesaikan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) berkapasitas 50 MW di atas lahan seluas 80 hektare di IKN.

Ketua Komisi VII DPR, Sugeng Suparwoto, menerangkan bahwa IKN dirancang sebagai smart city dan green city yang memanfaatkan energi terbarukan. Hal ini merupakan bagian dari komitmen untuk mencapai net zero emission. Sugeng menambahkan jika pembangunan PLTS di IKN telah mencapai 10 MW dari total target 50 MW.

Sumber : Per September 2024, ASN Mulai Ramaikan Ibu Kota Baru di Kalimantan

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started