Tiba-tiba Ranking FIFA Timnas Indonesia Naik Lagi, Padahal Nggak Ngapa-ngapain

Coltliq Ekajaya – 1tulah |

1TULAH.COM – Secara tiba-tiba ranking FIFA Timnas Indonesia mengalami peningkatan. Padahal, skuat Garuda sedang tidak ada agenda saat FIFA merilis ranking terbaru pada Kamis (20/6/2024) sore WIB itu.

Sebetulnya, perubahan ranking FIFA yang dialami Timnas Indonesia di periode Juni 2024 ini sudah dapat diprediksi lewat perhitungan matematis yang dilakukan oleh situs football-ranking.com.

Saat itu, situs tersebut menghitung jika skuat Merah Putih bakal mengalami peningkatan satu posisi di ranking FIFA pada Juni 2024 ini. Jika sebelumnya berada di peringkat 134, Indonesia naik satu level ke urutan 133 dunia.

Dalam agenda FIFA Matchday yang berlangsung Juni 2024, Timnas Indonesia setidaknya berhasil mengumpulkan tambahan poin sebanyak enam poin pada ranking FIFA. Hasil itu diraih usai dua laga Putaran Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Dengan demikian, kini Timnas Indonesia sudah mengumpulkan total 1108,73 poin usai melalui dua pertandingan krusial yang meloloskan mereka ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia tersebut.

Di dua pertandingan tersebut, Timnas Indonesia sempat kalah 0-2 dari Irak, lalu kemudian mengukir kemenangan 2-0 atas Filipina. Seluruh laga ini berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Untuk diketahui, meningkatnya posisi Timnas Indonesia ini juga tak dapat dilepaskan dari ‘bantuan’ yang diberikan oleh Kepulauan Solomon. Sebelum FIFA Matchday Juni 2024, mereka berada di peringkat 132.

Wakil asal Oseania tersebut sayangnya harus mengalami penurunan peringkat ke urutan 138 FIFA. Hal itu dikarenakan mereka harus menelan kekalahan dari Vanuatu (0-1) dan Selandia Baru (0-3) pada OFC Nations Cup 2024.

Sementara, para negara tetangga Indonesia di kawasan Asia Tenggara mengalami nasib yang berbeda-beda. Thailand, misalnya, berhasil merangkak satu tingkat dari urutan 101 ke 100 dunia.

Sedangkan, Timnas Vietnam malah mengalami penurunan satu level ke peringkat 116 dunia. Adapun Harimau Malaya yang mengalami peningkatan tiga level ke posisi 135 masih belum melewati Indonesia.

Sumber : Tiba-tiba Ranking FIFA Timnas Indonesia Naik Lagi, Padahal Nggak Ngapa-ngapain

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started