Dukung Cegah Stunting, Camat Tamban Catur Sebut Ketersediaan Air Bersih di Desa Terus Jadi Perhatian

Coltliq Ekajaya – 1tulah |

1tulah.com, KUALA KAPUAS – Camat Tamban Catur, Rustamaji menyebutkan ketersediaan air bersih layak minum di desa terus menjadi perhatian pihaknya untuk mencegah terjadinya stunting.

“Air bersih adalah kebutuhan utama, air yang tersedia di alam tidak selalu bersih dan aman untuk diminum. Itulah sebabnya teknologi pengolahan air menjadi penting untuk memastikan bahwa air yang dikonsumsi aman dan sehat,” ucapnya, Kamis (20/6/2024).

Salah satu teknologi pengolahan air yang terus berkembang dan semakin populer adalah teknologi RO Water Filtration. Sedang arti RO sendiri adalah Reserve Osmosis, yang mana didorong bisa dikembangkan di desa untuk menjadi BUMDes.

“Karenanya, kita meminta masing masing menganggarkan untuk desanya guna keperluan ketersediaan air bersih ini dalam penggunaan anggaran di desa masing-masing,” ujarnya.

Karena, Rustamaji bilang hal ini dianggap penting sebagai salah satu upaya pencegahan stunting tersebut.

“Memang tidak sedikit dana untuk tahap awal, tapi jika telah tersedia tempat jadi lebih praktis. Tinggal pembelian mesinnya aja lagi. Ke depannya setelah itu, bisa dimanfaatkan untuk pemasukan desa dari penjualan atau pendistribusian minuman ini,” ujarnya 

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Tonun Irawati Panjaitan melalui Bagian Kesling dan Kesjaor, Syaiful memberikan apresiasi adanya upaya pencegahan stunting ini melalui ketersediaan air bersih. 

Merupakan dasar untuk sehat dan tercukupi kebutuhan utama. Selain hal lain seperti sanitasi yang baik, lingkungan bersih, asupan makanan bergizi dan lainnya.

“Ini adalah contoh dari Kecamatan Tamban Catur di mana di sana ada dua puskesmas dalam wilayah Kecamatan Tamban Catur, yang tentu saja dalam tupoksinya ikut mengawasi dan mengecek agar tetap memenuhi persyaratan standar kesehatan. Nantinya benar akan menjadi salah satu upaya sehat higienis dan aman,” ucapnya.

Editor: Aprie

Sumber : Dukung Cegah Stunting, Camat Tamban Catur Sebut Ketersediaan Air Bersih di Desa Terus Jadi Perhatian

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started