Menkominfo Klaim Elaelo Pengganti X Bukan Buatan Pemerintah!

Coltliq Ekajaya – 1tulah |

1TULAH.COM – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menegaskan bahwa Elaelo, yang dikabarkan sebagai pengganti platform media sosial X (sebelumnya dikenal sebagai Twitter), bukanlah produk pemerintah.

Elaelo menarik perhatian masyarakat karena adanya ancaman pemblokiran terhadap X oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akibat konten pornografi yang dilarang di Indonesia.

Budi Arie Setiadi menjelaskan bahwa situs Elaelo tidak dibuat oleh pemerintah atau Kominfo.

Penelusuran terhadap domain .id yang digunakan oleh Elaelo dilakukan oleh Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (Pandi). Ketua Pandi, John Sihar Simanjuntak, mengonfirmasi bahwa domain tersebut bukan milik Kominfo dan didaftarkan melalui registrar Qwords. Namun, identitas pendaftar domain tersebut tidak dapat diungkapkan.

Situs Elaelo menampilkan halaman dengan latar belakang hitam, logo Garuda Pancasila, dan pesan “Under Construction by Kominfo,” serta hitungan mundur dan pesan “Ela Elo Is Coming, Big Features Will Be Ready.” Pakar keamanan siber menilai tindakan ini tidak etis dan mungkin melanggar hukum.

Alfons Tanujaya dari Vaksin.com menjelaskan bahwa pada awalnya, Elaelo menarik perhatian publik dengan menjanjikan 1.000 centang biru bagi pengguna pertama yang mendaftar, serta mengklaim sebagai platform kebanggaan anak bangsa. Namun, tindakannya kemudian dinilai tidak etis dan berpotensi melanggar hukum.

Sumber : Menkominfo Klaim Elaelo Pengganti X Bukan Buatan Pemerintah!

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started