Alasan Mentan Minta Tambahan Anggaran Rp51,7 triliun ke DPR

Coltliq Ekajaya – 1tulah |

 

1TULAH.COM – Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengusulkan penambahan anggaran tahun 2025 sebesar Rp51,7 triliun untuk Kementerian Pertanian.

Usulan ini diajukan dengan tujuan utama mengimbangi fenomena alih fungsi lahan dengan mencetak lahan sawah baru seluas 1 juta hektare.

Anggaran yang sebelumnya telah ditetapkan sebesar Rp8,06 triliun dinilai tidak mencukupi untuk mengatasi penurunan luas tanam akibat alih fungsi lahan.

Amran menjelaskan bahwa cetak sawah baru ini akan dilakukan di beberapa wilayah, termasuk Sumatera, Kalimantan, dan Merauke.

Anggaran untuk proyek ini sebagian akan diambil dari anggaran pendukung asta cita presiden terpilih senilai Rp25 triliun.

Dia optimis bahwa usulan penambahan anggaran ini akan disetujui oleh pemerintah, mengingat pentingnya langkah ini untuk mempertahankan produksi pangan nasional.

Dalam Rapat Kerja dengan Komisi IV DPR, Amran merinci bahwa Kementan mengusulkan tambahan anggaran sebesar Rp26,64 triliun, yang akan menambah total anggaran menjadi Rp34,7 triliun setelah digabungkan dengan pagu indikatif Rp8,06 triliun.

Selain itu, usulan tambahan Rp25 triliun dari anggaran pendukung asta cita presiden akan membawa total anggaran yang diharapkan menjadi Rp51,7 triliun.

Amran meminta dukungan dari pimpinan dan anggota Komisi IV DPR RI terhadap usulan tambahan anggaran ini, dengan harapan bisa kembali mencapai alokasi anggaran yang pernah diterima pada tahun 2015.

Dukungan ini dianggap krusial untuk melaksanakan program cetak sawah dan mengatasi tantangan alih fungsi lahan yang berdampak pada produksi pertanian.

Sumber : Alasan Mentan Minta Tambahan Anggaran Rp51,7 triliun ke DPR

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started