DPR Gelar Rapat Bersama Menlu Bahas 5 RUU Kerjasama Pertahanan

Coltliq Ekajaya – 1tulah |

 

1TULAH.COM – Komisi I DPR RI menggelar rapat kerja bersama Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Wakil Menteri Pertahanan Muhammad Herindra pada Rabu (19/62024) untuk membahas lima Rancangan Undang-Undang (RUU) mengenai pengesahan persetujuan kerja sama pertahanan dengan Republik India, Republik Perancis, Persatuan Emirat Arab, Kerajaan Kamboja, dan Republik Federatif Brasil.

Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Teuku Riefky Harsya, menyatakan bahwa sembilan fraksi menyetujui pembahasan kelima RUU tersebut ke tingkat selanjutnya.

Menlu Retno menjelaskan bahwa kerja sama ini bukan merupakan pakta pertahanan militer, tetapi melibatkan aspek-aspek seperti pendidikan militer, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dukungan logistik, serta kerja sama dalam membentuk perdamaian dunia.

Kerja sama ini penting untuk memperkuat ketahanan nasional Indonesia di tengah ketidakpastian global dan meningkatnya rivalitas geopolitik.

Tahapan pertama, yaitu persetujuan dari semua fraksi, telah selesai. Selanjutnya, panitia kerja (panja) akan membahas daftar inventarisasi masalah (DIM) terkait RUU tersebut. Jika proses ini berjalan lancar, RUU akan dibawa ke tahap kedua pembahasan.

Sumber : DPR Gelar Rapat Bersama Menlu Bahas 5 RUU Kerjasama Pertahanan

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started