Memaknai Idul Adha 1445H/2024M, Legislator Barsel Ini Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian

Coltliq Ekajaya – 1tulah |

1tulah.com, BUNTOK-Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Putri Siti Rochmawati mengajak seluruh lapisan masyarakat di daerah setempat untuk memaknai hari Raya Idul Adha 1445 H/2024 agar dapat meningkatkan rasa kepedulian kepada sesama.

“Karena, Idul Adha mengajarkan kita untuk meresapi makna pengorbanan dan keiklasan, dengan semangat berqurban mari kita jadikan momen ini untuk meningkatkan rasa kepedulian terhadap sesama, serta meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT,” ujarnya di Buntok, Senin (17/6/2024).

Ia menerangkan, peringatan Hari Raya Qurban harus dapat bertransformasi menjadi tradisi amal kebaikan yang dapat terinternalisasi menjadi karakter umat Islam yang tidak harus tekstual, tetapi kontekstual yang dapat dipahami oleh seluruh umat muslim secara menyeluruh.

“Selain sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT atas rasa syukur untuk meningkatkan iman dan takwa, dengan kita memberi qurban di hari Raya Idul Adha ini dapat menjadi simbol keikhlasan dalam berbagi untuk sesama,” terangnya.

Ia menuturkan, ibadah qurban bagi umat muslim yang mampu juga sebagai bagian dari toleransi, sebab, hewan yang telah diqurbankan akan disalurkan kepada masyarakat yang kurang mampu, sehingga bagi umat muslim yang mampu berqurban pada hari Raya Idul Adha akan mendapatkan pahala dari Allah SWT, karena telah berbagi nikmat dan kebahagian dengan orang lain.

Selain itu menurutnya, peringatan hari Raya Idul Adha juga dapat dijadikan momen untuk meningkatkan semangat gotong royong dan persaudaraan serta memperkuat rasa solidaritas antar umat beragama, terutama bagi umat muslim yang merayakan.

“Dengan berqurban, kita telah menanamkan rasa keberanian melepaskan sesuatu yang kita cintai demi ketauhidan kepada Allah SWT dan dapat berbagi kepada sesama,” tutur Legislator dari Fraksi Partai Demokrat Barsel itu.

Ia mengatakan, peringatan Hari Raya Idul Adha juga menjadi kesempatan bagi seluruh umat Muslim di Indonesia, khususnya di Kabupaten yang bersemboyan Bumi Dahani Dahanai Tuntung Tulus untuk memperteguh nilai-nilai sosial dan kepedulian terhadap sesama, serta merefleksikan nilai-nilai kemanusiaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Kami Atas nama pribadi, keluarga dan wakil rakyat mengucapkan selamat hari Raya Idul Adha 1445 H, Minal Aidin Walfaizin, Mohon Maaf Lahir dan Batin, mari kita jadikan momentum hari raya qurban ini untuk semakin peduli terhadap sesama, saling berbagi dan mempererat rasa kekeluargaan serta silaturahhim,” tukas Putri Siti Rochmawati. (Alifansyah)

 

Sumber : Memaknai Idul Adha 1445H/2024M, Legislator Barsel Ini Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started