Meriah, Pawai Sambut Idul Adha 1445 di Kota Muara Teweh

Coltliq Ekajaya – 1tulah |

1TULAH.COM, Muara Teweh-  Seiring berakhirnya sholat Isya dan terus bergemanya takbir di masjid dan surau-surau yang bersahut-sahutan.

Konsentrasi tujuan masyarakat Muara Teweh dan sekitarnya tertuju ke Bundaran Rumah Jabatan Bupati Barito Utara, Muara Teweh. Titik tempat diselenggarakannya acara lomba Pawai Takbir menyambut Idul Adha 1445 H Tahun 2024 yang mengangkat tema, “Semangat Idul Adha, Hadirkan Cinta dan kepedulian Sosial”, pada Minggu 16 Juni 2024 malam.

Kegiatan yang digelar Pemerintah Daerah Kabupaten Barito Utara ini dibuka dan dilepas langsung secara resmi oleh Pj Bupati Barito Utara Drs. Muhlis, yang kali ini langsung memberikan kata-kata pelepasan, sehingga kegiatan dapat dengan cepat dimulai. Bendera Start dikibarkan langsung oleh Pj Bupati Barito Utara tersebut.

Antusiasme masyarakat terlihat dari ribuan pasang mata yang menyaksikan arak-arakan pawai jalan kaki dan mobil hias tersebut. Tampak warga terus berduyun-duyun datang ketempat lokasi acara.
Sementara itu, di sepanjang jalan yang menjadi rute pawai tersebut melintas, sudah dijejali ribuan warga masyarakat yang dengan antusias menyaksikan pawai ini. Dua remaja putri yang kami wawancarai, Aisyah dan Rena, mengaku sangat senang dengan diselenggarakannya acara tersebut.

Mobil hias dengan ornamen menarik ditampilkan para peserta lomba untuk memeriahkan acara pawai tersebut. Begitu juga untuk peserta jalan kaki, menyugukan berbagai pertunjukan kreatifitasnya lewat tari-tarian atau pun drama.

Untuk keamanan berlangsungnya acara Pawai Takbir kali ini. Disebutkan oleh Kasat Sabhara Polres Barito Utara, AKP. Eko Nurwantoro, pihak Polres Barito Utara telah menerjunkan sekitar 90 an personilnya yang ditempatkan diberbagai titik di kota Muara Teweh.

Hadir dalam acara pawai takbir tersebut, Pj Sekda Barito Utara, Drs Jufriansyah, Wakil Ketua DPRD Permana Setiawan ST, Dandim Barito Utara, Let. Kol. Inf. Agussalim Tuo, SH, M.IP, Kapolres Barito Utara, AKBP Gede Eka Yudharma, para Pejabat Pemerintah Daerah, Komisaris PT. Mitra Barito, Ahmad Gunadi dan tokoh agama setempat.

Adapun yang menjadi tamu kehormatan di acara tersebut adalah H. Nadalsyah, mantan Bupati Barito Utara yang duduk mendampingi Pj Bupati Muhlis.

Ketua Panitia Kegiatan, yakni Ketua PHBI, H. Arbaidi, dalam laporannya menyebutkan, lomba pawai mobil hias instansi atau satuan perangkat daerah berjumlah 16 mobil.

“Lomba pawai mobil hias umum atau masjid atau langgar dan masyarakat umum berjumlah 13 mobil. Lomba pawai jalan kaki instansi atau sekolah atau umum berjumlah 23 peserta” sebut Arbaidi.

Kegiatan pawai ditutup dengan pembacaan pemenang lomba dan penyerahan hadiah. Dewan Juri yaitu Israminor, Kijing dan Romy menetapkan sebagai Pemenang Lomba Mobil Hias Kategori Instansi. Juara 1 adalah dari Setda Barito Utara, Juara 2 dari Inspektorat dan juara 3 dari Disbudparpora. Untuk kategori mobil hias umum, Juara 1 Masjid Islamic Center, Juara 2 Masjid Al Huda dan Juara Tiga Masjid Babussalam. Sedangkan untuk kategori Jalan Kaki, Juara 1 dari MTSN Muara Teweh, Juara 2 dari MAN Muara Teweh dan juara ke-3 dari SMA 1 Muara Teweh.

Pemenang lomba pawai mendapatkan Piala dan Uang Penghargaan. Menariknya, untuk yang tidak mendapatkan juara tetap mendapatkan uang penghargaan sebesar 500 ribu rupiah. (M. Gazali Noor)

Sumber : Meriah, Pawai Sambut Idul Adha 1445 di Kota Muara Teweh

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started