Tugas-tugas Grace Natalie Usai Duduki Jabatan Komisaris MIND ID

Coltliq Ekajaya – 1tulah |

1TULAH.COM – Grace Natalie resmi menjabat sebagai Komisaris Mining Industry Indonesia (MIND ID) melalui putusan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Sebagai komisaris, Grace bertugas untuk mengawasi kinerja para direksi MIND ID beserta anak perusahaan holding. Hal tersebut tertulis dalam Pasal 33 ayat (3) Peraturan Menteri BUMN nomor 19 Tahun 2021 tentang Tata Tertib dan Mekanisme rapat Dewan Komisaris dan Direksi BUMN.

MIND ID adalah perusahaan yang mengelola, mengeksplorasi, mengembangkan dan berinovasi kekayaan mineral dan batu bara di Indonesia. Perusahaan yang bermarkas di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, itu memiliki lima anak perusahaan

PT Freeport Indonesia

PTFI melakukan aktivitas tambang serta pengelolaan bijih nikel berpenghasil konsentrat yang kaya kandungan tembaga, emas dan perak. Konsentrat tersebut dijual ke pasar global dan utamanya ke smelter tembaga dalam negeri: PT Smelting.

Perusahaan afiliasi Freeport-McMoRan (FCX) dan MIND ID ini, mempunyai keistimewaan pada lahan tambangnya. Karena berada di kawasan mineral Grasberg, Papua.

Saat ini, pihaknya sedang berada pada eksploitasi tambang terbuka Grasberg tahap akhir. Sekaligus mengembangkan proyek bawah tanah yang disebut-sebut berkadat tinggi mineral.

PT Indonesia Asahan Alumunium

Inalium berfokus dalam produksi alumunium di MIND ID dan satu-satunya di Indonesia. Kapasitas produksinya 250 ribu ton per tahun. Pihaknya berkomitmen akan membangun masa depan industri logam yang cerah bagi masyarakat global.

PT Timah Tbk

Timah memiliki izin usaha pertambangan dengan luas 473.310 hektar di daratan. Bahkan juga berada di perairan sekitar Pulau Bangka, Belitung, dan Kundur.

Timah berfokus pada pertambangan, industri, perdagangan, transportasi, dan jasa. Kegiatan utamanya: perusahaan induk bagi operasional penambangan timah dan penyedia layanan pemasaran untuk kelompok usahanya.

PT Antam Tbk

Antam focus di dalam bidang ekspor pemasaran pertambangan dan logam. Perusahaan ini memiliki akomoditas pertambangan berupa bijih nikel, feronikel, emas, perak, bauksit, dan batubara.

Antam mempunyai pelanggan setia di Eropa dan Asia. Tiap pelanggan mendapat blue chip masing-masing. Antam juga bermitra dengan beberapa perusahaan internasional untuk mengembangkan sumber daya bijih nikel semakin merauup untung.

PT Bukit Asam Tbk

Perusahaan ini berfokus pada pertambangan batu bara. Pada tahun 2022, PTBA memiliki lima wilayah pengelolaan dan tiga pelabuhan. Sepanjang kuartal 1I/2024, PTBA memproduksi 7,3 juta ton yang naik 7 persen daripada tahun lalu. Saat ini pihaknya menargetkan produksi batu bara sebanyak 41,3 juta ton pada akhir 2024.

Sumber : Tugas-tugas Grace Natalie Usai Duduki Jabatan Komisaris MIND ID

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started