Didukung Pemkab Barut, Gapoktan Pusaka Bura Sukses Budidayakan Tomat

Coltliq Ekajaya – 1tulah |

1tulah.com, MUARA TEWEH-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Utara, melalui Dinas Pertanian Barito Utara, bersama Kelompok Tani (Gapoktan) Pusaka Bura, melakukan panen hasil Pertanian tomat di kelurahan Jinggah, Kamis (13/6/2024) dua hari lalu.

Sekira kurang lebih 200 kilogram tomat sekali panen, dari lahan perkebunan seluas tiga hektar yang dikelola Gapoktan Pusaka Bura, Kelurahan Jinggah, Kecamatan Teweh Baru, Kabupaten Barito Utara.

Kepala Dinas Pertanian Barito Utara Ir. Sugeng, melalui Kepala Bidang Holtikultura, Ahmad Priadi menyampaikan selamat kepada para petani, atas dedikasinya untuk menanam holtikuktura untuk varitas tomat dan tanaman holtikuktura lainya.

Ia berharap, ini menjadi motivasi bagi petani petani yang lain, untuk memfaatkan lahan lahan perkarangan, perkebunan dan lahan lahan yang tidak terpakai, agar dapat menjadi nilai tambah bagi petani.

Senada yang di sampaikan Ketua Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Teweh Selatan, Suria Fahrul yang juga membawahi dua kecamatan, yaitu Teweh Selatan  dan Teweh Baru menjelaskan, kegiatan panen ini, selain memberikan  nilai tambah, juga menjadi motivasi agar masyarakat petani bisa melak, bahwa bertani itu tidak terlalu susah, tetapi bisa memberikan hasil yang lumayan.

Suria berharap, kedepannya dengan program bidang Holtikuktura  barito utara, akan menjadi penghasil komoditas unggulan, terutama untuk sebagai pemasok kebutuhan barito utara dan untuk penyangga pada khususnya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Pusaka Bura, Janu Susanto mengucapkan, terima kasih kepada dinas pertanian barito utara,  Holtikuktura dan BPP dan jajarannya untuk bersama melakukan panen tomat.

Dikatakannya lagi, sekarang ini petani itu tidak menjadi suatu pekerjaan yang rendah,  tapi menghasilkan  dan untuk semua pekerjaannya di gunakan anak anak mjda, yang niatnya ada untuk bertani.

Lebih lanjut Janu berharap, untuk kedepanya mudah mudahan semua anak anak muda, yang tidak melanjutkan sekolah, jangan cuma memilih pekerjaan lain tapi di bidang holtikultura sangat menjanjikan sekali, ucapnya.

Hasil panen dijual ke pasar PBB, pasar Pendopo dan Pasar Ipu dengan harga di lokasi Rp. 20.000/ kilogram. Selain tomat,  ada juga komoditi pertanian lainnya yaitu jeruk dan buah naga, sehingga semua lahan dapat di manfaatkan.

“Saat ini kelompok tani Pusaka Bura, mengalami beberapa kendala seperti, keterbatasan air, akses jalan membawa hasil pertanian, Alsinta ( hand traktor) dan mahalnya pupuk bersubsidi,”pungkasnya.

Dalam kegiatan panen ini turut hadiri pula Kepala Bidang Holtikuktura Dinas Pertanian Barito Utara Ahmad Priadi, Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Teweh Selatan dan Teweh Baru Suria Fahrul dan jajarannya. (Delia)

Sumber : Didukung Pemkab Barut, Gapoktan Pusaka Bura Sukses Budidayakan Tomat

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started