Wakili Pemprov Buka Operasi Pasar Murah di Barsel, Ssttt…Sekda Kalteng ‘Turun Gunung’?

Coltliq Ekajaya – 1tulah |

1tulah.com,BUNTOK-Dalam upaya meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan bahan pangan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng), menggelar operasi pasar murah dan operasi pasar gas elpiji 3 kg di Kabupaten Barito Selatan (Barsel) yang  bertempat di Taman Iring Witu, Jalan Tugu, Kamis (13/6/2024).

Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalteng, Drs. H. Nuryakin didampingi jajarannya, dan dihadiri Sekda Kabupaten Barsel, Edy Purwanto bersama jajarannya.

Drs. H. Nuryakin menyampaikan, Pemprov Kalteng terus memperhatikan kondisi masyarakat, seperti permasalahan bencana alam, pendidikan dan kesehatan, serta kebutuhan bahan pangan yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat.

“Seperti hari ini, kita menggelar pasar murah dengan menyediakan 1.600 paket sembako untuk membantu masyarakat Kabupaten Barsel,” ujarnya setelah acara selesai.

Ia menerangkan, sebanyak 1.600 paket sembako tersebut bernilai Rp192 ribu/paket yang berisikan beras 10 kg, dan minyak goreng 1 liter, yang telah disubsidi oleh Pemprov Kalteng sebesar Rp172 ribu, sehingga masyarakat hanya perlu membayar Rp20 ribu/paket, namun, disubsidi lagi oleh Sekda Kalteng, maka sembako tersebut disulurkan kepada masyarakat secara gratis.

Kegiatan tersebut, lanjutnya, juga sebagai bentuk perhatian dari Pemprov Kalteng, dan sebentar lagi masyarakat khususnya umat Muslim akan merayakan hari Raya Idul Idha 1445 H atau hari Raya Qurban, dan biasanya menjelang hari-hari besar keagamaan harga bahan pangan cenderung mengalami kenaikan.

“Untuk itu kita menggelar kegiatan ini yang rutin kita lakukan setiap tahun, terutama menjelang peringatan hari-hari besar keagamaan,” terangnya.

Ia menuturkan, sementara untuk operasi pasar gas elpiji 3 Kg, Pemprov Kalteng telah bekerjasama dengan tiga agen yang ada di Kabupaten setempat, salah satunya PT. Borneo Barito Bumi yang menerima bagian sebanyak 280 tabung untuk disalurkan atau dijual kepada masyarakat dengan harga 20 ribu sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET).

“Penyaluran ini dilakukan untuk menekan harga elpiji bersubsidi, karena kita ketahui bersama harga gas elpiji 3 kg di tingkat pengecer dijual dengan harga 35-40 ribu/tabung, dan ini tentunya menambah beban masyarakat, dengan operasi pasar yang digelar ini juga salah satu solusi dari permasalahan dalam pendistribusian gas elpiji 3 kg,” tutur Drs. H. Nuryakin.

Sekda Barsel Edy Purwanto mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi tingginya atas perhatian Pemprov Kalteng kepada warga masyarakat Kabupaten Barsel yang telah menggelar kegiatan operasi pasar murah dan operasi pasar gas elpiji 3 Kg tersebut.

“Kita pemerintah daerah tentu saja mendukung dan menyambut baik hal ini, karena semata-mata untuk membantu meringankan beban masyarakat kita, mudah-mudahan kegiatan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat dan menjadi amal ibadah bagi kita semua,” ujar Edy Purwanto.

Sementara itu, owner PT. Borneo Barito Bumi, H. Nasir mengatakan, penyaluran gas elpiji bersubsidi tersebut diberikan kepada warga masyarakat kurang mampu dan para pelaku UMKM di Kabupaten Barsel, dimana masyarakat hanya perlu membayar dengan harga 20 ribu/tabung.

“Sebagai agen tentunya kita sangat mendukung kegiatan ini, semoga melalui operasi pasar gas 3 kg ini, diharapkan dapat bermanfaat dan membantu masyarakat dalam mendapatkan elpiji murah serta tepat sasaran,” kata H. Nasir. (Alifansyah)

 

Sumber : Wakili Pemprov Buka Operasi Pasar Murah di Barsel, Ssttt…Sekda Kalteng ‘Turun Gunung’?

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started