Intel Tunda Bangun Pabrik Cip Rp407 Triliun di Israel, Ini Alasannya

Coltliq Ekajaya – 1tulah |

1TULAH.COMIntel, perusahaan teknologi asal Amerika Serikat, dilaporkan menunda perencanaan pembangunan pabrik semikonduktor bernilai US$25 miliar atau sekitar Rp407 triliun di Israel.

Pihak Intel mengatakan keputusan perusahaan pada proyek besar didasarkan pada kondisi bisnis, dinamika pasar, dan perlunya menyesuaikan perubahan jadwal.

Sebelumnya, Intel mengatakan bahwa pabrik yang diusulkan berlokasi di Kiryat Gat merupakan bagian penting dari upaya perusahaan untuk mendorong rantai pasokan global yang lebih tangguh.

Kabar ini muncul di tengah-tengah kondisi perang Israel dan Palestina.

Menurut media lokal Israel, Intel telah meminta perusahaan konstruksi infrastruktur–yang mengerjakan pabrik chip tersebut–untuk menghentikan sementara pengerjaan proyek itu.

Intel memang tidak menjelaskan nasib pabrik chipset raksasa itu.

Mereka hanya menegaskan kembali komitmennya pada Israel, di mana mereka sudah mempekerjakan hampir 12 ribu pekerja.

Intel juga menjelaskan kalau proyek sebesar ini memiliki banyak ketergantungan yang pada akhirnya diputuskan untuk ditunda.

“Israel terus menjadi salah satu lokasi manufaktur serta penelitian dan pengembangan global utama kami, dan kami tetap berkomitmen penuh terhadap kawasan ini,” kata Intel, dikutip dari The Register, Kamis (13/6/2024).

“Seperti yang telah kami catat sebelumnya, cakupan dan kecepatan ekspansi manufaktur Intel di lokasi kami di seluruh dunia sangat bergantung pada berbagai faktor,” lanjut Intel.

Intel menyebut kalau mengelola proyek berskala besar seperti pabrik chip di Israel kerap kali melibatkan adaptasi terhadap perubahan jadwal.

Menurutnya, keputusan akhir biasanya dipengaruhi seperti faktor kondisi bisnis, dinamika pasar, dan pengelolaan modal yang bertanggung jawab.

Tidak ada informasi juga sampai kapan proyek pabrik chip raksasa Intel ini ditunda di Israel.

Berita penundaan ini muncul kurang dari enam bulan setelah Intel mengungkapkan rencananya untuk memperluas operasi pabriknya di Israel.

Proyek senilai 25 miliar Dolar AS ini dijadwalkan mendapat subsidi pemerintah sebesar 3,2 miliar Dolar AS.

Intel mengaku kalau ini dilakukan demi menumbuhkan rantai pasokan global yang lebih tangguh.

Tak hanya pabrik chip, Intel ternyata juga membatalkan rencana untuk membangun kompleks penelitian dan pengembangan mewah di Kota Haifa, Israel sekitar satu setengah tahun lalu.

Proyek senilai 200 juta Dolar AS ini mulanya berisi fasilitas mewah seperti lapangan olahraga outdoor, area hijau, restoran, hingga pusat kesehatan dan spa di puncak gedung.

Namun proyek itu akhirnya dialihkan menjadi lokasi tempat parkir.

Sedangkan uang sisanya ditujukan untuk fasilitas chip lain Intel.

Sumber : Intel Tunda Bangun Pabrik Cip Rp407 Triliun di Israel, Ini Alasannya

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started