Tingkatkan Pelayanan Publik, Kemenag Barsel Bangun Gedung PLHUT

Coltliq Ekajaya – 1tulah |

1tulah.com, BUNTOK-Dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Barito Selatan (Barsel), telah membangun gedung baru khusus untuk Pelayanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT).

“Gedung ini nanti menjadi salah satu sarana penting dalam mewujudkan layanan haji dan umrah yang lebih baik, nyaman dan optimal bagi masyarakat di Kabupaten Barsel,” ujar Kepala Kemenag Barsel, H. Arbaja kepada wartawan saat diwawancarai di Kantornya, Selasa (11/6/2024).

Ia menerangkan, berkat dukungan dan restu dari Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Provinsi Kalimantan Tengah, di tahun 2024 Kemenag Kabupaten Barsel telah mendapatkan bantuan berupa bagunan baru, yakni gedung PLHUT, dimana gedung tersebut memiliki peran penting dalam memberikan pelayanan yang terbaik serta optimal, khususnya untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus urusan haji dan umrah.

“Jadi bangunan ini adalah tempat pelayanan haji dan umrah mulai dari proses pendaftaran dan pembimbingan semuanya dilakukan digedung ini, kita juga nantinya akan mengupayakan untuk proses pendaftaran atau membuka buku tabungan haji baru tidak perlu lagi repot-repot ke Bank, bisa langsung digedung ini juga,” terangnya.

Ia menuturkan, karena sebelumnya Kemenag Barsel sudah bertemu dan membicarakan hal tersebut dengan pihak Bank Syariah Indonesia (BSI) di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, dan mereka merespons baik dengan usulan tersebut serta siap mensupport.

Jadi, lanjutnya, bagi masyarakat Kabupaten Barsel yang ingin mendaftar atau membuka tabungan haji tidak perlu lagi ke Kota Palangka Raya, langsung daftar di gedung PLHUT, kalau tidak ada kendala atau gangguan jaringan prosesnya bisa selesai hari itu juga.

“Kita berharap begitu masyarakat mendafatar kemudian diproses setelah keluar mereka bisa langsung dapat nomor porsi, kita inginya seperti itu, tapi dengan catatan layanan dari Bank BSI tidak ada ganguan,” tutur pria yang arkab disapa pak Arbaja itu.

Ia mengatakan, dengan berdirinya gedung PLHUT tersebut merupakan bentuk perhatian Kemenag untuk terus melayani masyarakat terutama Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Barsel, sehingga dengan begitu dapat mewujudkan pelayanan publik agar lebih baik lagi dimasa depan.

“Seluruh jajaran Kemenag Barsel akan terus semangat untuk memberikan pelayanan terbaik dan optimal kepada masyarakat dengan meningkatkan kinerja, semoga pembagunan gedung ini bisa cepat selesai dan dapat segera digunakan, kita berharap gedung ini bisa bermanfaat bagi seluruh masyarakat Kabupaten Barsel,” kata H. Arbaja. (Alifansyah)

 

Sumber : Tingkatkan Pelayanan Publik, Kemenag Barsel Bangun Gedung PLHUT

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started