Murung Raya Laksanakan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting

Coltliq Ekajaya – 1tulah |

1tulah.com, Puruk Cahu – Pemkab Murung Raya (Mura) melaksnakan Intervensi serentak pencegahan stunting di buka langsung Pj Bupati Mura Hermon, di aula gedung PPK Mura, Senin (10/6/2024).

Permasalahan stunting menjadi penghambat terbesar dalam menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas, karena tidak hanya merugikan dari segi kesehatan tapi juga dari sisi produktivitas dan ekonomi.

Menurut Hermon, stunting dapat mengindikasikan bahwa masih adanya permasalahan dalam manajemen penyelenggaraan pelayanan dasar khususnya bidang kesehatan. Sehingga fungsi pelayanan untuk mencegah dan menurunkan prevalensi stunting secara luas belum tersedia dalam skala dan kualitas yang memadai.

“Salah satu penyebabnya adalah tidak tersedianya data yang akurat yang dapat diharmonisasikan oleh setiap stakeholders baik Pemerintahan maupun swasta dalam pemberian layanan yang tepat sasaran dan sesuai kebutuhan,” terang Hermon dalam kegiatan yang dihadiri Forkopimda Mura, asisten Sekda, kepala OPD dan undangan lainnya.

Sebagaimana diketahui bersama bahwa berdasarkan Survey Kesehatan Indonesia tahun 2023, Kabupaten Murung Raya telah berhasil mencapai percepatan penurunan stunting menjadi 21 persen, mengalami penurunan 19 persen dari data SSGI 2022 yaitu 40,9 persen. “Namun data secara nasional masih belum menunjukkan perkembangan yang menggembirakan karena angka prevalensi stunting nasional sebesar 21,5 persen hanya turun 0,1 persen dari data SSGI tahun 2022 yaitu sebesar 21,6 persen,” katanya.

Dikatakan Hermon, gerakan pengukuran dan intervensi serentak adalah aksi serentak Bersama melaui pendataan, penimbangan, pengukuran, edukasi, verfikasi dan intervensi dengan sasaran balita, Ibu hamil dan Calon Pengantin.

Gerakan pengukuran dan intervensi serentak ini dilaksanakan selama bulan Juni 2024 dan akan dievaluasi dan didiseminasikan hasilnya pada bulan Juli 2024. “Jadi semua pihak termasuk ibu-Ibu PKK ayo sama-sama kita informasikan, kita gerakkan agar semua balita, ibu hamil dan calon pengantin untuk hadir pada posyandu,” kata dia. (Sur)

 

Sumber : Murung Raya Laksanakan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started