Jokowi Perintahkan Tahun Depan Upacara HUT RI Dilakukan di IKN

Coltliq Ekajaya – 1tulah |

 

1TULAH.COM – Presiden Joko Widodo mengumumkan bahwa Upacara HUT ke-80 RI pada 17 Agustus 2025 akan sepenuhnya dilaksanakan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur.

Hal ini menyusul penerbitan Keputusan Presiden (Keppres) mengenai perpindahan ibu kota dari Jakarta ke IKN Nusantara.

Presiden Jokowi menyatakan bahwa keputusan ini akan mulai berlaku setelah Keppres tentang perpindahan ibu kota diterbitkan.

“Nanti tahun depan kalau sudah ada keputusan presiden mengenai perpindahan baru nanti (upacara) di IKN saja,” ujarnya

setelah menghadiri acara di Posyandu Terintegrasi RW 02 RPTRA Taman Sawo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa.

Untuk tahun ini, Upacara Peringatan HUT ke-79 RI dilaksanakan di dua lokasi: Istana Merdeka Jakarta dan Istana Presiden di IKN Nusantara.

Menurut Presiden, upacara di dua tempat ini dilakukan karena ibu kota negara sedang dalam masa transisi dari Jakarta ke IKN Nusantara.

“Ini kan masa transisi, masa transisi dari Jakarta menuju ke IKN Nusantara, agar ada perjalanan menuju pindahnya itu kelihatan,” jelasnya.

Presiden Jokowi menjelaskan bahwa mulai tahun depan, upacara hanya akan dilakukan di IKN Nusantara untuk memudahkan mobilisasi dan akomodasi.

“Termasuk juga urusan yang berkaitan dengan mobilisasi, transportasi, akomodasi itu tidak mudah,” katanya.

Seluruh tamu penting, termasuk mantan presiden dan duta besar negara sahabat, akan diundang untuk menghadiri Upacara HUT ke-79 RI di IKN Nusantara. “Semuanya diundang, semuanya diundang. Ke IKN,” tambahnya.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, sebelumnya menyatakan bahwa Upacara HUT ke-79 RI pada 17 Agustus 2024 akan digelar di dua lokasi: IKN Nusantara dan Istana Kepresidenan Jakarta. “Iya, sebagian di IKN, sebagian di sini,” kata Muhadjir setelah rapat terbatas terkait Upacara HUT ke-79 RI.

Pelaksanaan upacara di IKN dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo, didampingi presiden terpilih Prabowo Subianto.

Sementara itu, upacara di Istana Kepresidenan Jakarta dipimpin oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin, didampingi wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming.

Sumber : Jokowi Perintahkan Tahun Depan Upacara HUT RI Dilakukan di IKN

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started