Dinas Kominfosandi Barut RDP Bersama DPRD, Bahas Kondisi BTS PT. XL di Desa Muara Inu

Coltliq Ekajaya – 1tulah |

1tulah.com, MUARA TEWEH-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Utara melalui Dinas Kominfosandi bersama DPRD Kabupaten Barito Utara menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP). Rapat yang dilaksanakan di Ruang Rapat DPRD Kabupaten Barito Utara ini membahas tentang tower Base Transcivier Station (BTS) penyedia layanan jasa seluler (provider) XL yang tidak aktif di Desa Muara Inu, Senin (10/6/2024).

RDP dipimpin oleh wakil ketua I DPRD Kabupaten Barito Utara  H.Parmana Setiawan dan dihadiri secara langsung oleh Anggota DPRD lainnya, Kadis Kominfosandi,  Camat Lahei, Kades Muara Inu dan Perwakilan  masyarakat desa Muara Inu, serta di ikuti secara virtual oleh perwakilan PT XL.

Kades Muara Inu Hernedi mengatakan RDP ini dalam rangka meminta pihak pemilik menara XL mengaktifkan kembali tower XL di Muara Inu yang selama ini tidak dapat dimanfaatkan oleh masyarakat setempat.

Adapun perwakilan masyarakat Inu dalam rapat ini mengusulkan untuk mengganti tower XL tersebut.

“Kami tidak tahu kemana mengadu, itu sebabnya kami menyurati dewan karena tower ini sangat diperlukan masyarakat, walaupun ada wifi ID, namun karena wifi ID pemakaiannya terbatas alangkah lebih baik bila tower XL  ini diganti atau diaktifkan kembali,” ungkapnya.

Sementara itu, H.Permana Setiawan mengatakan permasalahn ini yang bisa menjawab hanya provider  PT.  XL. “Seharusnya kita mengirim undangan untuk mereka, dan kenapa ada provider lain selain Telkomsel dan Indosat yang kita tahu signalnya bagus, kenapa ada beberapa provider yang tidak aktif dan tidak bagus malah ada ditempat kita,” ungkapnya.

Lebih lanjut anggota DPRD Hasrat menambahkannya, seharusnya memang provider XL juga dihadirkan, biar tahu kendalanya, sehingga bisa mencari solusi permasalahannya.

”Mohon penjelasan dari Dinas Kominfo dari desa mana saja yang tidak terhubung dengan  signal perlu kita kaji, kalo bisa Pemkab ambil alih untk membangun menara,”ujarnya.

Anggota dewan lainnya, Karyanto menyepakati pernyataan anggota dewan sebelumnya.”Saya setuju kalau XL  harus  hadir untuk memberi penjelasan dari mereka agar kita bs membuat rekomendasi rapat hari ini kemana arah tindak lanjutnya,”katanya.

Sementara itu, Kadis Kominfosandi H.Moch Ikhsan mengakui desa yang terpasang menara BTS XL tersebar di kecamatan Lahei, Gunung Timang, Teweh Selatan (Maranen dan sekitarnya).

“Untuk XL memang banyak keluhan, terutama di desa yang lebih dominan adalah Telkomsel dan Indosat. Untuk dialihkan kemungkinan nanti sama-sama  kita kaji biasanya tower dikelola oleh pengembang dan pihak ke tiga. Untuk pembangunan menara-menara itu merupakan kewenangan pemerintah pusat, Diskominfosandi hanya mendukung melalui pertimbangan teknis terkait perizinan yang diusulkan ke DPMPTSP.

Kemungkinan mereka merupakan pemenang lelang dari pusat, namun untuk menjawab  pertanyaan H.Parmana Setiawan mungkin nanti PT. XL bisa menjelaskan secara detail”Ungkapnya.

Dalam kehadiran secara virtual, pihak PT XL menjelaskan bahwa gangguan jaringan di desa Muara Inu adalah ketidaksengajaan pihaknya, dan mereka akan mengupayakan secepatnya agar bisa kembali lancar sesuai dengan harapan masyarkat.

“Sudah kita cek jaringan dari sistem, kemungkinan besar pernah terendam banjir, dan estimasi waktu perbaikan kami sudah jadwalkan sekitar bulan Juni, dan sekarang sudah progres persiapan keberangkatan tim ke Barito Utara,” jelasnya.

RDP ditutup dengan kesimpulan pihak PT.XL menyanggupi untuk memperbaiki tower BTS pada bulan Juni 2024,apabila ada kendala akan berkordinasi dengan Dinas Komunikasi,Inforamatika dan Persandian Barito Utara.(Delia)

 

Sumber : Dinas Kominfosandi Barut RDP Bersama DPRD, Bahas Kondisi BTS PT. XL di Desa Muara Inu

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started