Bencana Banjir di Kalteng Selalu Berulang, Legislator Dapil IV Ini Usulkan Solusi Jangka Panjang

Coltliq Ekajaya – 1tulah |

1TULAH.COM-Bencana banjir yang sering kali melanda wilayah Kalteng tentunya banyak menimbulkan dampak negatif baik bagi daerah maupun masyarakat. Selama ini, penanganan banjir hanya dilakukan dengan pemberian bantuan kepada para korban terdampak. Seharusnya, juga dilakukan antisipasi sejak jauh-jauh hari melalui berbagai program mitigasi bencana.

Untuk mengatasi masalah ini, Anggota Komisi IV DPRD Kalteng, Purman Jaya menyebutkan, perlunya solusi jangka panjang yang efektif untuk mengantisipasi bencana banjir yang kerap terjadi di Kalteng.

“Di sinilah pentingnya langkah-langkah preventif yang dapat mengurangi risiko banjir di masa depan. Oleh sebab itu, hal tersebut harus dapat dipikirkan oleh pemerintah di provinsi ini,” ucap Purman Jaya, Senin (10/6/2024).

Menurutnya, upaya pencegahan perlu difokuskan pada pemeliharaan sungai, penataan tata ruang, dan pengelolaan drainase yang baik, serta kerja sama lintas sektor maupun partisipasi aktif masyarakat juga menjadi kunci dalam upaya mitigasi bencana banjir.

“Peningkatan kualitas infrastruktur harus menjadi prioritas dalam upaya mengurangi dampak banjir di Kalteng. Disini juga diperlukan pendekatan berbasis risiko dan penggunaan teknologi canggih dalam sistem peringatan dini untuk memaksimalkan upaya mitigasi,” ujarnya.

Ditambahkannya, dengan adanya perhatian serius terhadap masalah banjir di Kalteng dan komitmen untuk mencari solusi jangka panjang, diharapkan wilayah ini dapat menjadi lebih tangguh dalam menghadapi bencana alam yang kerap terjadi.

“Langkah-langkah preventif yang terencana dengan baik dan partisipasi semua pihak, kita harap dapat membawa dampak positif dalam rangka mengantisipasi serta meminimalisasi risiko banjir di wilayah provinsi ini,” pungkas wakil rakyat Kalteng dari Dapil IV ini. (Ingkit)

Sumber : Bencana Banjir di Kalteng Selalu Berulang, Legislator Dapil IV Ini Usulkan Solusi Jangka Panjang

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started